Jawa Pos

Ikut Show Berburu Gelar

Sebanyak 158 Kucing Jadi Peserta Kontes Internasio­nal

-

SURABAYA – Ratusan kandang kucing berjejer di Convention Center Tunjungan Plaza kemarin (24/9). Ada 158 kucing yang menjadi penghuni kandang-kandang itu. Mereka akan beradu dalam The Real Internatio­nal Cat Show (CFA) House of Stars. ”Ini merupakan event CFA ( cat fanciers

associatio­n, Red) yang pertama diadakan di Surabaya,” ujar Tatang Adi Bintoro, show

manager, dalam acara tersebut. Bertaraf internasio­nal, kontes kucing itu tidak hanya dihadiri para pemilik kucing lokal. Warga Malaysia, Thailand, dan Singapura turut hadir menampilka­n kucing kesayangan mereka.

CFA cat show merupakan salah satu jenis kontes yang menggunaka­n sistem poin sebagai penilaian. Setiap kucing yang bertanding akan dinilai postur tubuh, bulu, kesehatan, dan kebersihan sesuai dengan standar yang ditentukan CFA. Itulah organisasi penyayang kucing yang didirikan dan berpusat di Amerika Serikat.

Pada kontes kali ini, ada enam ring yang harus dilewati masing-masing peserta. Artinya, ada enam juri yang menilai setiap kucing untuk menentukan poin siapa yang lebih tinggi. Keenam juri didatangka­n langsung dari berbagai negara. Sebab, di Indonesia, belum ada juri tersertifi­kasi untuk kontes jenis tersebut. ”Jenis kucing yang dilombakan beragam. Tapi, paling banyak Maine coon cat,” lanjutnya. Ada 38 kucing jenis tersebut yang ikut bertanding. Sementara itu, jenis kucing yang paling sedikit adalah Norwegian forest cat.

Alyash’s Robb Stark of Kanyah menjadi satusatuny­a jenis Norwegian forest cat yang kemarin ikut bertanding. Dia adalah ku- cing milik Cici Cahyati. Robb, panggilan sayang Alyash’s Robb Stark of Kanyah, sudah mengantong­i gelar grand premiershi­p. ”Ini saya sedang mengejar agar Robb bisa bertahan di divisional winner (masuk dalam 5 besar klasemen akhir musim),” ungkap Cici. Sebab, hingga saat ini, Robb masuk kategori sepuluh besar.

Perempuan asal Bandung tersebut belum lega meskipun kucing yang dipelihara­nya setahun itu berada di peringkat kelima. Sebab, sebelum musim berakhir pada April 2018, posisi Robb bisa tergeser kapan saja.

Selain Robb, pemilik Kanyah Cattery tersebut membawa tujuh kucing lainnya. Yakni, 3 Maine

coon cat, 1 American short hair, 1 scotish fold, serta 2 house hold pet. Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, penghitung­an poin untuk penentuan pemenang masih berlangsun­g. (dwi/c16/nda)

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? BUKAN MAIN-MAIN: Kucing berjenis Persian short hair terlihat tenang meski mengikuti kontes dan bersaing dengan ratusan kucing lain (foto kiri). Carla Bizell, salah seorang juri, sedang melakukan penilaian.
DIPTA WAHYU/JAWA POS BUKAN MAIN-MAIN: Kucing berjenis Persian short hair terlihat tenang meski mengikuti kontes dan bersaing dengan ratusan kucing lain (foto kiri). Carla Bizell, salah seorang juri, sedang melakukan penilaian.
 ?? DIPWA WAHYU/JAWA POS ?? TANPA BULU: Kucing berjenis Spinx milik Gilang Setia mengikuti kontes kucing kemarin.
DIPWA WAHYU/JAWA POS TANPA BULU: Kucing berjenis Spinx milik Gilang Setia mengikuti kontes kucing kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia