Jawa Pos

Korut, Venezuela, dan Chad Juga Dilarang Masuk AS

-

AS – Muslim Ban yang membuat Amerika Serikat (AS) menuai kritik luas masyarakat internasio­nal kedaluwars­a pada Minggu (2 (24/9). Tak mau kebijakann­ya menguap beg begitu saja, Presiden Donald Trump memproklam­asikan aturan baru untuk merevisi larangan tersebut. Kali ini, Korea Utara (Korut), Venezuela, dan Chad termasuk.

’’Menjadikan Amerika aman menjadi prioritas utama saya. Kami tidak akan membiarkan mereka yang tidak bisa kami pastikan keamananny­a masuk negara ini,’’ tulis Trump di akun Twitter- nya. Kini jumlah negara yang dilarang masuk wilayah AS menjadi delapan.

Selain tiga negara yang baru masuk daftar pada Minggu, ada lima negara lain yang masuk daftar terlarang. Yakni, Iran, Libia, Syria, Yaman, dan Somalia. Sedangkan Sudan yang tadinya juga tercantum dalam daftar tersebut sudah dihapuskan.

Dengan masuknya Korut dan Venezuela ke daftar hitam Trump, istilah Muslim Ban tidak relevan lagi. Sebab, Korut dan Venezuela bukan negara Islam atau negara yang mayoritas pendudukny­a muslim. (AP/Reuters/hep/c19/any)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia