Jawa Pos

Ingat Pesan sang Mantan

-

MANCHESTER­CHESTER – Sudah 27 gol yang dilesakkan Manchester City dalam tujuh laga terakhir musim ini. Fakta itu menjadi sinyal peringatan buat Shakhtar Donetsk yang dini hari nanti melawat ke Stadion Etihad.

Shakhtar pun harus lebih waspada. Pasalnya, 14 gol atau lebih dari separo total gol City musim ini tercipta di Etihad. Tim asuhan Pep Guardiola itu juga lebih solid saat bermain di Etihad. Buktinya, gawang City baru kebobolan satu gol saat bermain di kandang.

Meski begitu, Guardiola belum puas dengan performa anak asuhnya. Menurut dia, pemainnya belum menunjukka­n kemampuan terbaik meski sangat produktif. So, Guardiola menegaskan bahwa tak ada pemain yang berstatus aman.

’’Bila ada satu pemain yang bermain bagus, yang lain juga harus bagus. Itulah cara untuk mendapatka­n performa terbaik,’’ tegas Guardiola se- perti dikutip ’’Setiap’’ Setiap pemain harus saling mendorong untuk mengeluark­an yang terbaik,’’ ujar pelatih berkebangs­aan Spanyol itu.

Soliditas City tak lepas dari kedalaman skuad yang mereka miliki. Contohnya, sektor sayap. Di sana ada empat pemain yang tengah on fire. Nama-nama seperti Leroy Sane, Raheem Sterling, Bernardo Silva, dan David Silva siap turun bergantian.

Lini depan City juga menakutkan dengan kian produktifn­ya Sergio Aguero serta Gabriel Jesus. ’’Kami selalu ingin mencetak gol sebanyak-banyaknya untuk fans. Dan, cara terbaik untuk menghormat­i lawan Anda adalah terus me nye rang nya,’’ papar Guardiola. Melawan Shakhtar juga akan menjadi ajang reuni bagi Fernandinh­o. Sebagaiman­a diketahui, gelandang timnas Brasil itu pernah berkarir bersama Shakhtar pada 2005 hingga 2013. Dalam rentang waktu tersebut, Fernandinh­o mencatatka­n 31 gol dari 183 pertanding­an. Nah, City tampaknya perlu mendengar pesan dari mantan penggawa Shakhtar tersebut. Apa pesannya? ’’Kami semua tahu bahwa mereka (Shakhtar) juga memainkan sepak bola menyerang karena banyak pemain Brasil di sana,’’ ucap Fernandinh­o kepada FourFourTw­o. ’’Setiap tahun mereka selalu berada di barisan terdepan untuk juara. Tidak hanya di liga. Mereka juga selalu menampilka­n yang terbaik di Liga Champions. Jadi, mereka bukan lawan mudah,’’ lanjut pemilik nomor 25 itu. Konfidensi City makin berlipat lantaran Shakhtar datang dengan kekuatan yang timpang. Kapten sekaligus bek kanan Darijo Srna harus out karena gagal tes doping. Maksim Malyshev dan S Sergey Krivtsov juga harus menepi karena cedera. Namun, pelatih Paulo Fonseca optimistis timnya bisa menyulitka­n City. Hanya, dia menyesalka­n ketidakhad­iran S Sr na dalam laga nanti. ’’ Per tandingan melawan City tidak akan sama bagi kami karena absennya kapten Dario Srna,’’ kata Paulo. (io/c5/bas)

 ?? OLAF KRAAK/EPA ?? Daily Mail. TERJANG LAWAN: Aksi bomber Manchester City Gabriel Jesus ketika menghadapi Feyenoord pada matchday pertama fase grup Liga Champions (13/9).
OLAF KRAAK/EPA Daily Mail. TERJANG LAWAN: Aksi bomber Manchester City Gabriel Jesus ketika menghadapi Feyenoord pada matchday pertama fase grup Liga Champions (13/9).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia