Jawa Pos

Jumlah Cabor AG 2018 Tak Berubah

-

JAKARTA – Berstatus tuan rumah Asian Games 2018 ternyata tidak lantas membuat posisi tawar Indonesia kuat. Buktinya, keinginan Indonesia untuk mengurangi jumlah cabang olahraga di kejuaraan multievent tersebut dalam sidang umum OCA (Dewan Olimpiade Asia) di Ashgabat, Turkmenist­an, 21 September lalu menemui kegagalan.

Dalam rilis jumlah cabang olahraga dan nomor yang akan dilombakan pada event yang berlangsun­g di Jakarta dan Palembang itu, OCA tetap berpegang pada hasil rapat komite ( corcom) Asian Games VII yang digelar di Jakarta bersamaan dengan hitung mundur Asian Games 18 Agustus lalu.

’’Tadinya kami memang mengupayak­an untuk bisa melakukan negosiasi ulang di general assembly (sidang umum, Red). Tapi, ternyata kami hanya diminta executive board untuk paparan,’’ kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Panitia Penyelengg­ara Asian Games 2018 (Inasgoc) Eris Herryanto di Jakarta kemarin (25/9).

Menurut mereka, lanjut Eris, general assembly tidak berhak memutuskan lantaran coordinati­on meeting di Jakarta lalu adalah pertemuan tertinggi. ’’Seharusnya pertemuan yang di Jakarta itu dimanfaatk­an. Sayang, itu tidak dilakukan sehingga tidak ada lagi posisi tawar untuk masalah tersebut,’’ lanjutnya.

Sebagaiman­a diketahui, dalam corcom tersebut, memang nomor cabor dipastikan kembali berubah. Sebelumnya nomor pertanding­an terkunci di angka 341. Ketika itu, beredar isu, kalaupun ada, penambahan maksimal hanya 40 nomor pertanding­an. Tetapi, dalam perkembang­annya, perubahan terjadi cukup signifikan.

Namun, fakta berkata lain. Yang disahkan adalah 40 cabang olahraga, 60 disiplin, dan 462 nomor pertanding­an. Dengan begitu, harapan Indonesia untuk mengurangi cabang olahraga dari 40 cabor menjadi tidak lebih dari 39 cabor pun tidak tercapai. Padahal, Indonesia sebelumnya berharap bisa melobi OCA di sidang umum tersebut.

Sementara itu, manajer cabang angkat berat dan angkat besi Indonesia Alamsyah Wijaya mengungkap­kan, pihaknya sangat puas dengan jumlah nomor yang dipertandi­ngkan di Asian Games 2018 mendatang. Yakni, tujuh nomor masing-masing di kelompok putra dan putri. ’’Karena semua nomor yang dipertarun­gkan sudah sesuai dengan nomor-nomor yang menjadi potensi kami meraih medali,’’ kata Alamsyah. (ben/c17/ady)

 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? NOMOR ANDALAN: Lifter Indonesia Deni meraih emas pada nomor 69 kg di SEA Games 2017.
HENDRA EKA/JAWA POS NOMOR ANDALAN: Lifter Indonesia Deni meraih emas pada nomor 69 kg di SEA Games 2017.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia