Jawa Pos

Siap Hijaukan Tuah Pahoe

-

PERSEBAYA Surabaya tak akan sendirian saat melakukan tur ke Palangka Raya. Sebab, Bonek memang ada di mana-mana. Termasuk di Palangka Raya. Di sana, ratusan Bonek siap mendamping­i Green Force –julukan Persebaya– ketika melawan Kalteng Putra di Stadion Tuah Pahoe. Hal itu disampaika­n Wakil Ketua Bonek Palangka Raya Yogi Bagus Prasetyo.

Menurut dia, bakal ada sekitar 400 Bonek yang siap mendukung langsung perjuangan Rendi Irwan dkk. Angka tersebut mungkin bertambah. Sebab, Bonek dari Surabaya juga siap menyerbu Palangka Raya. ’’ Yang konfirmasi dari Surabaya ada 300 yang bakal datang. Belum dari wilayah Kalimantan lainnya,’’ tuturnya. ’’Mungkin total hampir seribu saat pertanding­an,’’ tambahnya.

Yogi menjelaska­n, gelombang kedatangan dimulai sejak Sabtu (23/9). Ratusan Bonek naik kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, dan mendarat di Pelabuhan Trisakti, Banjar masin, Minggu (24/9). ’’Kawan-kawan Bonek ditampung dulu oleh Bonek Banjarmasi­n. Setelah itu, pada hari H pertanding­an mereka baru berangkat ke sini (Palangka Raya). Butuh waktu 3–4 jam jalur darat,’’ jelas pria yang sudah tujuh tahun merantau di Kalimantan tersebut.

Bonek Palangka Raya sudah siap menampung saudaranya. Yogi mengatakan, pihaknya sudah menyewa sebuah aula untuk menampung Bonek dari luar Kalimantan. ’’Aula itu bisa menampung 500 orang,’’ katanya.

Yogi mengungkap­kan, Bonek Palangka Raya sudah berkoordin­asi jauh-jauh hari setelah mendapat informasi bahwa Persebaya satu grup dengan Kalteng Putra. ’’Kami langsung rapat dan urunan,’’ ucapnya.

Dalam rapat tersebut, dana yang terkum- pul sekitar Rp 1 juta. Uang itu sudah habis digunakan untuk menyewa aula dan mempersiap­kan dapur umum buat Bonek. ’’Masalah keamanan juga sudah diselesaik­an dengan pihak kepolisian,’’ papar pria asli Madiun itu.

Bonek Palangka Raya memiliki sekitar 50 anggota. Semua merupakan orang-orang perantauan dari berbagai daerah di Pulau Jawa. Atas nama Persebaya, mereka berkumpul, lantas mendirikan komunitas Bonek Palangka Raya sekitar 2004. (rid/c15/bas)

 ?? HENDRY PRIE/KALTENG POS ??
HENDRY PRIE/KALTENG POS
 ?? YOGI BAGUS FOR JAWA POS ??
YOGI BAGUS FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia