Jawa Pos

Awasi Anak via Jam Cerdas

-

SURABAYA – Banyak cara yang dilakukan orang tua modern untuk mengawasi tingkah polah anaknya. Salah satunya, memberikan phone watch atau jam tangan yang dilengkapi GPS tracker. Tidak hanya berfungsi melacak keberadaan sang buah hati, jam tersebut dilengkapi fiturfitur lain untuk keamanan.

Sesuai dengan namanya, jam tangan untuk anak usia tiga tahun ke atas tersebut mampu berfungsi sebagai telepon. Seluruh fitur dikendalik­an melalui aplikasi yang bisa diunduh via smartphone. Orang tua hanya memantau keberadaan si anak dengan login di aplikasi. Satu aplikasi bisa digunakan untuk memantau lebih dari lima jam tangan.

Selain memiliki fungsi GPS, orang tua bisa memantau lokasi di sekitar anak melalui suara ( voice monitoring). Caranya, melakukan penyadapan lewat telepon. Ketika disadap, orang tua dapat mendengar suara di sekitar anak tanpa membuat layar pada jam tangan menyala.

Layaknya telepon genggam, sang anak bisa menghubung­i dua nomor orang tua dan dapat menerima panggilan dari 13 nomor telepon yang sudah didaftarka­n. Ya, pada jam tangan tersebut terdapat slot untuk menyisipka­n kartu SIM. Jam tangan itu hanya memiliki satu tombol yang berfungsi menerima dan melakukan panggilan. ’’Dia (anak, Red) nggak bisa menonaktif­kan jam tangan. Anak bisa menelepon saya hanya dengan memencet lama tombol pada jam tangan,’’ kata Elly Mayasari, salah satu pembeli jam tangan tersebut.

Maya, sapaan Elly Mayasari, memakaikan jam serupa pada dua anaknya. Dia khawatir terhadap maraknya kejahatan terhadap anak di bawah umur. Dua anak Maya, Fernando Hartono, 8, dan Jade Hartono, 6, menggunaka­n jam tangan tersebut ketika bermain. ’’Saya masih belum kasih dia jam saat sekolah. Takutnya dibuat mainan,’’ lanjutnya. Meski demikian, jam tangan itu tidak menyediaka­n fitur games.

Selain menjual fitur, jam tangan tersebut fashionabl­e. Layarnya persegi panjang dengan strap karet warna-warni. Pada layar terdapat animasi kartun. Jam tangan itu dioperasik­an menggunaka­n baterai dengan ketahanan energi 72 jam. Terdapat pula sensor sentuh sehingga orang tua akan mendapatka­n notifikasi jika anak melepas jam tangan.

Di pasaran beredar berbagai merek. Beberapa brand menyediaka­n fitur tambahan seperti water resistant. ’’Desain jam tangan memang dibuat sewajar mungkin supaya anak nyaman ketika mengenakan­nya,’’ jelas salah seorang penjual jam cerdas impor dari Singapura Vicky Abriany Recytha Lembong saat ditemui kemarin (25/9). (esa/c15/nda)

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? BEBAS RISAU: Fernando Hartono (kiri) dan Jade Hartono memakai phone watch yang terkoneksi dengan smartphone sang mama.
DIPTA WAHYU/JAWA POS BEBAS RISAU: Fernando Hartono (kiri) dan Jade Hartono memakai phone watch yang terkoneksi dengan smartphone sang mama.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia