Jawa Pos

Awas Tipuan Bagi-Bagi Paket Internet

-

BEBERAPA hari ini, grup-grup WhatsApp banyak dibanjiri kabar bagi-bagi paket internet 50 GB 4G dari sejumlah operator. Kalau di grup percakapan Anda muncul pesan yang sama, mungkin teman Anda yang menyebarka­n pesan itu sedang termakan tipuan.

Ya, tipuan tersebut berupa iming-iming paket internet 50 GB 4G dari sejumlah operator. Mulai Telkomsel, Axiata, Indosat, Smartfren, sampai yang tak ada di Indonesia, Hutchison. Tipuan itu memanfaatk­an link dengan domain 50GB-gratis-internet.ml.

Ketika link tersebut diklik, Anda akan diarahkan untuk memasukkan nama, nomor telepon, dan pilihan paket data yang diinginkan. Lucunya, berbagai operator yang tidak ada di Indonesia tersedia dalam menu pilihan. Misalnya, Hutchison, Vodafone, Singtel, Maxis, dan T-Mobile. Padahal, brand domain yang disebarkan berbahasa Indonesia. Yakni, 50GB-gratis-internet.ml.

Ketika Anda selesai mengisikan data yang mereka minta, Anda akan diarahkan ke halaman baru. Di sana muncul perintah untuk menyebarka­n informasi palsu itu ke sembilan grup WhatsApp yang aktif. ”Berbagi dengan WhatsApp grup Anda sehingga mereka juga bisa mendapatka­n internet data unlimited untuk 2017,” tulis pesan di situs itu.

Meski pada akhirnya Anda menyebarka­n pesan itu, pulsa atau paket data yang dijanjikan tidak akan pernah ada. Situs tersebut sangat mungkin dibuat hanya untuk mendapatka­n data nomor telepon.

Data seperti itulah yang laku dijual untuk keperluan telemarket­ing. Jadi, jangan heran kalau Anda pernah dihubungi pihak tertentu untuk menawarkan sesuatu. Mungkin mereka mendapatka­n nomor telepon Anda dengan cara-cara culas seperti di atas. (gun/eko/c17/fat)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia