Jawa Pos

Bhinneka Garap Proyek Pemerintah

-

SURABAYA – Pelaku perdaganga­n dalam jaringan ( e-commerce) tak hanya menggarap segmen konsumen rumah tangga. Mereka juga aktif menyasar proyek-proyek pengadaan oleh pemerintah.

Salah satunya, Bhinneka.com yang menjadi salah satu rekanan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Dengan menjadi rekanan LKPP, produk-produk Bhinneka.com masuk e-Katalog yang menjadi panduan pengadaan barang dan jasa oleh instansi pemerintah pusat maupun daerah.

”Bhinneka menyasar segmen belanja pemerintah yang menggunaka­n dana anggaran, baik dari APBN maupun APBD,” kata Senior Manager Bhinneka.com Indra Nugraha di Surabaya kemarin (26/9).

Dia tidak bersedia menyebutka­n nilai transaksi yang diperoleh Bhinneka dari proyek-proyek pengadaan pemerintah. Namun, produk yang dicari panitia pengadaan di instansi pemerintah umumnya adalah barang elektronik seperti laptop dan kamera. ” Tahun ini kami targetkan pertumbuha­n nilai transaksi dari pemerintah­an 30 persen. Sama dengan tahun lalu,” jelas Indra.

Direktorat Pengembang­an Sistem Katalog Seksi Pengendali­an Katalog LKPP Andri Priyo Utomo menyatakan, pihaknya terus menyosiali­sasikan manfaat e-Katalog pada satuan kerja perangkat daerah (SKPD). E-Katalog dinilai efektif untuk menciptaka­n pengadaan barang dan jasa yang transparan serta efisien.

Terdapat lebih dari 250 ribu item barang yang ada dalam e-Katalog dan akan ditingkatk­an menjadi 1 juta item. Informasi, spesifikas­i, harga, dan merek semua barang juga terbuka sehingga bisa diakses semua pihak. (car/c24/noe)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia