Jawa Pos

Tuah dari Tanah Rusia

-

MOSKOW – Bertandang ke Rusia? Bukan masalah besar buat gelandang Manchester United Henrikh Mkhitaryan. Sebab, Mikhi –sapaan akrab Mkhitaryan– lahir di Armenia, salah satu negara pecahan Uni Soviet. Dia juga memiliki histori bagus dengan tanah Rusia. Histori apa?

’’Nenek saya berasal dari Moskow. Dari dia saya bisa berbahasa Rusia. Di rumah juga saya banyak bicara dengan bahasa Rusia. Jadi, ini (bermain di Rusia) yang membuat saya merasa berada di rumah sendiri,’’ ungkap Mkhitaryan sebagaiman­a dikutip ENCA.

Bukan hanya itu. Selama bermain di Rusia pun Mikhi selalu mendapat tuah.

Sepanjang karirnya, dia pernah tiga kali bertandang ke Rusia. Sekali ketika masih berada di Shakhtar Donetsk, sekali di Borussia Dortmund, dan sekali yang lain saat bergabung Man- chester United. Dalam dua lawatan terakhir di Rusia, dia selalu mencetak gol. Yakni, saat Dortmund mengalahka­n Zenit St Petersburg 4-2 (2013–2014) dan ketika membantu United mengalahka­n Rostov musim lalu.

Nah, akankah tuah bagus di tanah Rusia itu berlanjut dini hari nanti WIB? Itu yang akan dia jawab di VEB Arena, Moskow, saat United bertemu CSKA Moscow. (Siaran Langsung SCTV/ beIN Sport 3 mulai pukul 01.45 WIB). ’’Saya percaya dia,’’ ucap pelatih Jose Mourinho.

Namun, Mourinho tetap mengharapk­an tuah dari Mikhi. Apalagi, dalam lima kali lawatan ke Rusia di Liga Champions, United baru sekali meraih keme nangan. Mikhi sendiri mungkin bakal ditemani Juan Mata dalam mendukung lini depan United. ’’CSKA kini sudah menjadi bagian kekuatan sepak bola Eropa. Bahkan, mereka memulainya dengan kemenangan yang tidak biasa di Lisbon. Ini akan menjadi laga yang sulit bagi kami,’’ ungkap Mata. (ren/c4/bas)

 ?? MAXIM SHEMETOV/REUTERS ??
MAXIM SHEMETOV/REUTERS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia