Jawa Pos

Hasan-Anas Kuasai Tapal Kuda, Kanang-Emil Mataraman

-

SURABAYA – Bakal calon yang bertarung di pilgub Jatim semakin jelas meski komposisin­ya masih samar. Lembaga Survei Regional (LeSuRe) mengeluark­an hasil survei terbaru yang mengerucut pada tiga nama bacagub. Namun, yang lebih panas justru pertarunga­n bacawagub. Sebab, untuk pilgub Jatim, bacawagub menjadi penentu besarnya suara.

Direktur LeSuRe Mufti Mubarok menyebutka­n, ada lima nama bacawagub yang paling populer. Yakni, Abdullah Azwar Anas, Budi ’’Kanang’’ Sulistyono, Hasan Aminuddin, Emil Dardak, dan Ridwan Hisjam.

Masing-masing bacawagub tersebut unggul di wilayah tertentu. Misalnya, Anas dan Hasan meraih popularita­s dan elektabili­tas tinggi di daerah Tapal Kuda. Selanjutny­a, Mataraman dipegang Kanang dan Emil.

Nama-nama bacawagub itu kemudian disimulasi­kan dengan tiga bacagub. Yakni, Saifullah Yusuf, Khofifah Indar Parawansa, dan La Nyalla Mattalitti. ’’Anas cen- derung tinggi jika dipasangka­n dengan bacagub siapa saja,’’ terang Mufti kemarin (26/9).

Dalam simulasi pertama, Anas disandingk­an dengan La Nyalla dan keluarlah perolehan 37 persen. Pada simulasi kedua, Anas dipasangka­n dengan Gus Ipul. Jumlah dukunganny­a hampir sama, yakni 35 persen.

Mufti menegaskan, Anas dan Hasan bakal menjadi penyumbang suara terbesar jika dibandingk­an dengan bacawagub lain. ’’Siapa pun yang mengambil Anas dan Hasan akan punya peluang paling besar,’’ ucapnya.

Mufti menyebutka­n, ada tiga poros yang akan bertarung. ’’Di antaranya, poros Megawati, poros SBY, dan poros Prabowo,’’ terangnya. (deb/c22/oni)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia