Jawa Pos

Gudang Sekolah Tak Muat Tampung Buku Lama

-

SIDOARJO – Gonta-ganti sistem pembelajar­an mendatangk­an permasalah­an tersendiri. Salah satunya, soal buku paket sebagai konsekuens­i penerapan Kurikulum 2013 revisi terbaru untuk jenjang SMA.

Kepala SMAN 2 Sidoarjo Sri Mudjajanti mengatakan, sekolahnya hingga kini masih ke- kurangan buku paket peminatan untuk kelas X. ’’Bakal dibeli pada penurunan (pencairan, Red) anggaran mendatang,’’ kata Sri kemarin (26/9).

Menurut Sri, sekolahnya menerapkan K-13 edisi revisi sejak tahun lalu. Karena itu, mereka sudah punya persediaan buku paket untuk kelas X. Tahun ini mereka mempriorit­askan pengadaan buku paket untuk siswa kelas XI.

Kepala Perpustaka­an SMAN 2 Sidoarjo Dyah Purwanti mengatakan, sekarang ada ribuan buku lama yang terpaksa disimpan karena standar kurikulumn­ya sudah tidak sesuai. ’’Gudang kami tidak bisa menampung semua,’’ keluhnya. Karena sudah menjadi aset sekolah, bukubuku tersebut tidak boleh dibuang sembaranga­n.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Negeri Sidoarjo Panoyo mengungkap­kan, penyaluran buku paket untuk SMA di Kota Delta ratarata sudah selesai. Meski begitu, ada beberapa sekolah yang masih kekurangan buku paket. Termasuk di sekolah yang dipimpinny­a, yakni SMAN 1 Krian.

Penyebabny­a adalah bertambahn­ya jumlah siswa per rombel untuk kelas X. Dari biasanya 32 anak menjadi 36 anak. ’’Untuk memenuhi kekurangan­nya, kami fotokopi,’’ tuturnya. (bil/c7/pri)

 ??  ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS MASIH BARU: Dari kiri, Syahril Maulidia, Amando Maulana, dan Cici Lailatur Rohmah sedang membaca buku paket di perpustaka­an SMAN 2 Sidoarjo kemarin.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS MASIH BARU: Dari kiri, Syahril Maulidia, Amando Maulana, dan Cici Lailatur Rohmah sedang membaca buku paket di perpustaka­an SMAN 2 Sidoarjo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia