Jawa Pos

Bungkusnya Vitamin, Isinya Pil Koplo

-

SIDOARJO – Makin beragam trik yang digunakan bandar dan pengedar untuk menyimpan narkoba. Misalnya, modus yang dipakai Lingga Andriansya­h dan Anton Suasmo Putro. Mereka mengemas pil dobel L atau pil koplo dengan bungkus vitamin B1. Jumlahnya 100 ribu butir.

Berdasar pengamatan, bungkus pil koplo itu memang seperti vitamin biasa. Ada komposisi, indikasi, kontraindi­kasi, serta nama perusahaan pembuatnya. Namun, semua itu ternyata palsu. ’’Logo pada pilnya jelas LL,” ujar Kasatresko­ba Polresta Sidoarjo Kompol Sugeng Purwanto kemarin (26/9). ’’Dua tersangka sudah diamankan,’’ lanjutnya.

Keduanya dibekuk bersamaan di Desa Panjunan, Sukodono. ’’Mereka mau berpesta sabu-sabu. Kami temukan satu poket dalam penggerebe­kan,” katanya.

Sugeng menjelaska­n bahwa barang terlarang itu ditemukan di saku celana Anton. Setelah itu, petugas menggeland­ang keduanya ke rumah Lingga di Desa Jemundo, Taman. Di sana, polisi kembali menemukan satu poket sabu-sabu. Kemudian, giliran tempat tinggal Anton yang digeledah. ’’Barang bukti di tempat terakhir lebih banyak,” katanya.

Dalam pemeriksaa­n itu, lanjut Sugeng, pihaknya menemukan 13 poket sabu-sabu dan 100 ribu pil koplo di dalam kardus. ’’Bisa disebut bandar. Wilayah peredarann­ya sampai luar kota,” tutur perwira polisi dengan satu melati di pundak tersebut.

Pada saat polisi gencar meringkus pengedar, kemarin ada seorang pembesuk tahanan di Mapolresta Sidoarjo yang tepergok membawa narkoba. Desi Ayu, pelaku penyelundu­pan, menyembuny­ikan sabusabu di celana dalam. Untungnya, modus itu diketahui petugas.

Berdasar informasi, Desi hendak menjenguk suami sirinya, Agus Dermawan. Warga Desa Kalisampur­no, Tanggulang­in, itu ditangkap polisi Jumat (15/9). Desi mampu melewati ruang pemeriksaa­n makanan dengan mulus. Namun, tidak lama berselang, langkah kakinya dihentikan polwan. Gerak-gerik Desi ketika berjalan dianggap mencurigak­an. ”Setelah diperiksa terdapat satu poket sabu-sabu di celana dalam,” kata Sugeng. (edi/c7/ai)

 ?? EDI SUDRAJAT/JAWA POS ??
EDI SUDRAJAT/JAWA POS
 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? SALAH JALAN: Desi Ayu diamankan setelah ketahuan menyimpan sabu-sabu di dalam celana dalamnya. Foto kanan, Lingga Andriansya­h (kiri) dan Anton Suasmo Putro.
BOY SLAMET/JAWA POS SALAH JALAN: Desi Ayu diamankan setelah ketahuan menyimpan sabu-sabu di dalam celana dalamnya. Foto kanan, Lingga Andriansya­h (kiri) dan Anton Suasmo Putro.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia