Jawa Pos

Kimi Bingung Bakal Kangen Apa

-

TIDAK akan ada lagi Grand Prix Malaysia setelah 2017. Tentu ada perasaan tertentu yang dimiliki para pembalap. Khususnya mereka yang sudah bertahun-tahun (bahkan belasan tahun) tampil di Sirkuit Sepang. Dari sekian banyak komentar, ada satu hal yang pasti dirindukan: Sepang adalah sirkuit yang mengasyikk­an untuk balapan. ’’Sepang benar-benar sirkuit favorit saya. Di sini banyak sirkuit cepat yang mengalir. Ini sirkuit tempat kita bisa benar-benar mengapresi­asi performa sebuah mobil F1,’’ ungkap Fernando Alonso, bintang McLaren-Honda yang sudah tiga kali memenangi GP Malaysia.

Alonso tidak sendiri. Banyak pembalap yang menyebut sangat menyukai lekuk dan naik turunnya Sepang.

Sebastian Vettel juga menegaskan hal itu saat konferensi pers resmi kemarin (28/9). Dia menambahka­n, bukan hanya layout sirkuit yang membuat balapan di Sepang mengasyikk­an. Banyak elemen lain yang mendukung. ’’Misalnya, hujan yang bisa turun kapan saja,’’ ucapnya.

Kebetulan, saat jumpa pers sore kemarin, hujan memang turun di Sepang!

Selain sirkuit, apa lagi yang bakal dirindukan? Jawaban menggeliti­k disampaika­n rekan Vettel di Ferrari, Kimi Raikkonen.

’’Jujur, saya tak tahu apakah kita bakal merindukan ( event ini). Ini sirkuit yang bagus, tapi yang (selama ini) kami lihat hanyalah airport, hotel di sebelah airport, dan sirkuit. Jadi, silakan pilih apa yang bakal dirindukan,’’ kata pembalap Finlandia yang sebenarnya dikenal irit bicara tersebut.

Tentu saja komentar itu mengundang tawa di ruang jumpa pers. Dan komentar itu memang lucu, karena para pembalap selalu menginap di hotel yang letaknya berdekatan dengan sirkuit. Plus, sirkuit dan hotel letaknya berdekatan dengan bandara. Jadi, karena kesibukan, mereka memang jarang melihat hal lain selama di Malaysia!

Mendengar ucapan Raikkonen itu, Vettel lantas menimpali: ’’Nanti kamu bisa kembali untuk berlibur!’’

Sebaliknya, apa yang paling tidak dirindukan? Rata-rata menjawab suhu panas dan kelembapan yang tinggi. ’’Biasanya kami minum air dua liter sehari. Saat hari lomba, mungkin dua kali lebih banyak,’’ ungkap Vettel. (*)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia