Jawa Pos

X-Table Dukung Siswa Fokus Ujian

-

SURABAYAS – Prestasi gemilang dir diraih Bintang Baswara P., Aldrich Qu Quinn J., dan Gilbrand Joeseph G. P Para siswa SMP Kristen Dharma Mu Mulya itu menggondol medali em emas dalam ajang 4th Internatio­nal Yo Young Inventors Award (IYIA) 20 2017 pada 22–24 September di Jak Jakarta. Dalam kompetisi tersebut, me mereka membuat meja multifungs­i un untuk meningkatk­an konsentras­i si siswa Pada saatsisi kanan ujian. meja berwarna cok cokelat muda itu, terdapat sebuah lac laci berukuran 20 x 20 cm. Pada ba bagian kiri, terdapat sebuah papan ke kecil putih mengilap. ”Papan kecil b bisa digunakan siswa untuk menghitung,” kata Aldrich, sapaan Aldrich Quinn P., menunjukka­n fu fungsi X-Table kepada Jawa Pos ke kemarin (28/9).

P Papan kecil tersebut memiliki fu fungsi yang sama dengan white

board.bo Papan berukuran 15 x 7 cm itu bisa dihapus jika sudah dip dipenuhi coretan spidol. Ide pembu buatan papan itu muncul setelah Ald Aldrich melihat kebiasaan temantem temannya saat ujian. Terutama pad pada mapel matematika.

S Selain hemat kertas, X-Table memban bantu menjaga konsentras­i siswa. X-T X-Table dilengkapi earmuff yang bisa meredam kebisingan. Alat itu tinggal dipasang pada kedua telinga. Lumayan, jadi tidak berisik.

X-Table juga dilengkapi tempat botol air minum. Mirip tempat air minum pada kerangka sepeda. ”Biar ndak kesenggol, kami taruh wadah air ini di kaki meja,” jelas Iben, sapaan Gilbrand Joeseph G.

Bintang Baswara menuturkan, berkat ide sederhana tersebut, ketiganya berhasil menggondol medali emas dalam kompetisi yang diikuti sekitar 200 tim dari 12 negara. Sebagai pencipta penemuan aplikatif, mereka mendapat tambahan gelar honor of invention dari pemerintah India pada momen yang sama. (elo/c7/nda)

 ??  ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS APLIKATIF: Bintang menunjukka­n pemakaian X-Table karyanya bersama dua siswa SMP Kristen Dharma Mulya.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS APLIKATIF: Bintang menunjukka­n pemakaian X-Table karyanya bersama dua siswa SMP Kristen Dharma Mulya.
 ??  ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS PENJAGA KONSENTRAS­I: Dari kiri, Aldrich Quinn J., Bintang Baswara P., dan Gilbrand Joeseph G. menunjukka­n X-Table.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS PENJAGA KONSENTRAS­I: Dari kiri, Aldrich Quinn J., Bintang Baswara P., dan Gilbrand Joeseph G. menunjukka­n X-Table.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia