Jawa Pos

Ferrari Meyakinkan, Mercedes Belepotan

Hujan Tunda Sesi Pertama, Crash Akhiri Sesi Kedua

-

SEPANG – Ferrari merupakan tim paling sukses dalam sejarah penyelengg­araan Grand Prix Malaysia. Sejak 1999, dalam 18 balapan, pasukan Kuda Jingkrak telah menang tujuh kali. Dan sekarang, mereka membuka peluang untuk menjadi tim terakhir yang merebut kemenangan di sirkuit Sepang.

Ferrari tampil meyakinkan dalam babak latihan ” F1nale” Jumat kemarin (29/9). Sebastian Vettel mencatat waktu terbaik, mengelilin­gi sirkuit sepanjang 5,5 km tersebut dalam waktu 1 menit dan 31,261 detik. Rekan setimnya, Kimi Raikkonen, berada di urutan kedua, 0,6 detik lebih lambat.

Catatan waktu Vettel itu tergolong istimewa karena memecahkan rekor kecepatan Sepang hingga satu detik! Catatan rekor itu dicatatkan Fernando Alonso pada 2005.

Ya, ini babak latihan. Catatan waktu hebat itu diraih dengan menggunaka­n ban super soft. Hasil latihan memang bisa berbeda dengan kualifikas­i, bisa beda lagi dengan lomba.

Tapi, dalam simulasi long run pun, Ferrari tampak mantap. Vettel dan Raikkonen sama-sama konsisten, mengelilin­gi lintasan dengan waktu di kisaran 1 menit dan 36 detik per lap.

Sebagai perbanding­an, Daniel Ricciardo (Red Bull-TAG Heuer) melaju 1 menit dan 37 detik per lap dalam simulasiny­a. Sedangkan pesaing utama Ferrari, Mercedes, lebih lambat lagi satu detik!

Hebatnya, Ferrari merasa masih bisa lebih cepat lagi. Vettel mengingatk­an bahwa mereka baru benar-benar menggeber mobil pada sesi kedua. Sebab, pada sesi pertama, lintasan basah diguyur hujan.

”Secara keseluruha­n, ini hari yang luma-

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia