Jawa Pos

Hotel Ambruk, Lukai Pekerja

-

TRENGGALEK – Ketenangan pekerja pengembang­an bangunan Hotel Bukit Jaas Permai di Jalan Mayjen Sungkono, Kelurahan Tamanan, Kecamatan Trenggalek, pecah kemarin (14/10). Tanpa disangka-sangka, bangunan baru yang sedang dikerjakan itu tiba-tiba ambruk.

Seorang pekerja bernama Bejo, warga Desa Gembleb, Kecamatan Pogalan, tewas di TKP karena tertimpa material bangunan. Empat pekerja lainnya luka-luka dan harus dilarikan ke RSUD dr Soedomo. Berdasar informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar

Trenggalek, peristiwa tersebut bermula ketika seluruh pekerja mulai mengecor bangunan untuk pengembang­an hotel sejak pagi. Di tengah pengerjaan, sekitar pukul 13.30, tiba-tiba konstruksi bangunan yang rencananya digunakan untuk penyangga lantai roboh dan mengenai sejumlah pekerja. ”Pekerja tidak tahu mengapa hal itu bisa terjadi. Sebab, mereka merasa bekerja sesuai yang digariskan,” ungkap Kasatbinma­s AKP Suyono.

Ambruknya bangunan tersebut mengenai empat pekerja hingga langsung dilarikan ke RSUD dr Soedomo. Selain itu, ada seorang pekerja yang tertimbun material bangunan. Mereka pun langsung menghubung­i polisi, yang diteruskan ke Basarnas Trenggalek, untuk mengevakua­si korban. ”Setelah berhasil diangkat, ternyata pekerja itu telah meninggal dan mayatnya langsung dibawa ke kamar jenazah untuk menjalani visum,” imbuhnya.

Terkait penyebab robohnya bangunan tersebut, polisi belum bisa menjelaska­n. Sebab, saat ini tim identifika­si Satreskrim Polres Trenggalek masih melakukan olah TKP untuk menyelidik­i penyebab robohnya bangunan. Jadi, dari hasil itu, akan diketahui apakah ada unsur kesengajaa­n dengan mengurangi konsentras­i campuran semen, lemahnya perkiraan peletakan fondasi, atau yang lainnya. ”Mungkin fondasi penyangga yang kurang kuat,’’ tuturnya. ( jaz/hai/c17/end)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia