Jawa Pos

Tergelinci­r, Rossi Merasa Beruntung

-

VALENTINO Rossi sedang beruntung. Pada sesi latihan keempat (FP4) MotoGP Jepang siang kemarin, dia mengalami kecelakaan saat melibas tikungan 8. Beruntung, dia terhindar dari cedera yang lebih parah, mengingat kaki kanannya belum pulih dari patah saat berlatih dengan akhir Agustus lalu.

Rossi menemukan motor yang pas pada sesi sebelumnya. Menggunaka­n ban baru yang dibawa Michelin,

The Doctor mencatat waktu tercepat kedua di belakang Marc Marquez. Hasil tersebut cukup melambungk­an kepercayaa­n dirinya setelah di sesi latihan hari pertama catatan waktunya tak mampu menembus 10 besar.

Setelah sempat terseret ke luar trek, Rossi mampu berdiri dan kembali mengendara­i motornya. Beruntung, tikungan 8 adalah belokan ke kiri. Alhasil, kaki kanannya tidak mendapatka­n tekanan berlebihan ketika jatuh. ’’Saya beruntung, karena (kecelakaan) itu adalah (posisi jatuh yang terlempar ke atas). Tapi beruntung motorku berputar di bawah dan aku berada di dekatnya. Dan aku baik-baik saja,’’ jelasnya.

Rossi mengaku merasakan sakit yang cukup mengganggu setelah terjatuh. Namun, lagi-lagi, dia bersyukur insiden tersebut tidak menghantam kaki kanannya terlalu keras. ’’Jariku juga sakit seperti biasanya. Tapi, rasanya tidak seberapa jika mengingat kerasnya kecelakaan itu,’’ tuturnya.

Meski begitu, insiden tersebut berpengaru­h pada penampilan Rossi di sesi kualifikas­i. Motor yang dia pakai saat insiden terjadi adalah motor dengan an terbaik. Karena rusak, para mekaniknya butuh cukup waktu untuk memperbaik­inya. Alhasil, Rossi harus menunggang motor keduanya dalam sesi perebutan

’’Mekanik mengatakan, tidak mungkin (untuk dipakai saat kualifikas­i). Jadi semuanya berakhir,’’ ucap juara dunia tujuh kali MotoGP tersebut. Awalnya, Rossi akan menggunaka­n strategi dua motor dengan an berbeda untuk sesi kualifikas­i. Insiden tersebut membuat rencana awal gagal.

Dengan satu-satunya motor tersisa, Rossi berspekula­si menggunaka­n ban kering di Q2. Ternyata pilihan itu salah. Rossi akhirnya finis di posisi buncit di Q2. Hasil tersebut membuatnya harus start dari posisi ke-12 pada balapan siang nanti. (cak/c17/ady)

 ??  ?? motocross extrasoft, setting highside settingset­tingpole position.
motocross extrasoft, setting highside settingset­tingpole position.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia