Jawa Pos

Edukasi soal Binatang ke Pengunjung Mal

-

SURABAYA – Berawal dari keprihatin­annya melihat sejumlah kasus pembunuhan binatang, mahasiswa Fakultas Kedokteran Unair mengajak sejumlah komunitas untuk mengedukas­i masyarakat. Tentu komunitas pencinta binatang di Surabaya dan sekitarnya.

Acara yang berlangsun­g di Royal Plaza kemarin (14/10) tersebut mencuri perhatian ratusan pengunjung yang sedang berbelanja. Sebab, anggota komunitas membawa berbagai jenis binatang. Ada burung eksotis macaw, sugar glider, ular, hingga berbagai jenis reptil lainnya. Bahkan, komunitas Fortim (Forum Tanaman Karnivora Jatim) membawa berbagai jenis kantong semar.

Hewan-hewan itu menjadi sasaran pengunjung yang penasaran. Salah satunya, burung macaw jenis blue and gold. Selain bertanya kepada sang pemilik, pengunjung ingin ber- selfie. Macaw milik Bagus Fauzul, mahasiswa Kedokteran Hewan Unair, tersebut sangat jinak. Bahkan tidak takut dengan pengunjung.

Selain itu, ada biawak lokal seberat 38 kilogram. Sebelumnya banyak yang menyangka jika biawak tersebut menyeramka­n. Namun, di tangan komunitas Pecinta Satwa Mojosari (PSM), biawak itu menjadi sangat ramah.

Bahkan, Kirana, 3, salah seorang pengunjung, ingin memegangny­a. Kirana yang digendong Olan Sukmalinda, ayahnya, lantas memegang biawak tersebut. Meski sang biawak menjulurka­n lidahnya, Kirana malah tertawa.

Olan merasa acara itu sangat bermanfaat bagi masyarakat. ’’Dengan seperti ini, anak saya jadi berani dengan binatang. Meski binatang tersebut tergolong liar,’’ katanya.

Hasan Bashid, anggota komunitas PSM, juga senang bisa ikut mengedukas­i masyarakat. Dengan begitu, masyarakat jadi lebih paham cara memperlaku­kan binatang liar.

Event yang disajikan dalam bentuk education society tersebut juga memberikan kesempatan pada setiap komunitas pencinta binatang untuk memberikan edukasi di atas panggung. Ketua Pelaksana Qurais Syihab berharap masyarakat tidak takut lagi jika bertemu dengan binatang liar. ’’ Terkadang ketemu ular, lalu dibunuh. Makanya, kami beri edukasi supaya masyarakat juga punya wawasan,’’ katanya. (roh/c15/jan)

 ??  ?? ROHMAT DARMAWAN/JAWA POS EDUKATIF: Hasan Bashid (kiri) mengenalka­n biawak milik komunitasn­ya kepada Olan (tiga dari kanan), Kirana, dan Uun Aminah di Royal Plaza.
ROHMAT DARMAWAN/JAWA POS EDUKATIF: Hasan Bashid (kiri) mengenalka­n biawak milik komunitasn­ya kepada Olan (tiga dari kanan), Kirana, dan Uun Aminah di Royal Plaza.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia