Jawa Pos

Lelang Penataan Candi Pari Empat Kali Diulang

-

SIDOARJO – Pemkab sudah beriktikad baik untuk memoles wajah kompleks wisata heritage Candi Pari di Desa Candi Pari, Porong. Wujudnya berupa pembanguna­n gapura hingga perbaikan infrastruk­tur jalan. Namun, ternyata pembanguna­n sempat terkendala. Beberapa kali lelang harus diulang. Padahal, masa tahun anggaran 2017 tinggal dua bulan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Sidoarjo Sigit Setyawan mengatakan, pihaknya tetap optimistis pembanguna­n kawasan wisata Candi Pari itu bisa selesai sesuai target akhir tahun ini. Sebab, proyek itu sudah direncanak­an dengan matang.

Dia menambahka­n, proyek tersebut direncanak­an sejak awal tahun. Termasuk proses lelangnya. Namun, ada sejumlah persyarata­n yang tidak dilengkapi rekanan. Karena itu, realisasin­ya mundur. ”Lelangnya sampai empat kali. Belum pernah ada pengerjaan yang diulang sebanyak ini,” katanya.

Ada dua candi di kompleks Candi Pari. Yakni, Candi Pari dan Candi Sumur. Dua candi tersebut dipisahkan permukiman warga. Tidak jauh, terdapat juga Candi Pamotan. Jaraknya 1 kilometer ke arah selatan dari kompleks Candi Pari. Kawasan itu berpotensi menjadi daya tarik wisatawan. Selama ini sudah banyak pengunjung yang datang ke kawasan tersebut. Nah, untuk memoles wajah kawasan cagar bu daya itu sehingga daya tariknya semakin meningkat, pemkab sudah mengalokas­ikan dana di APBD 2017. Di antaranya, pembanguna­n gapura dengan alokasi Rp 523 juta dan perbaikan akses ke kawasan tersebut Rp 4 miliar. Rencananya, gapura dibangun di sisi timur Candi Pari. Pembanguna­n gapura tersebut tidak mudah. ”Tim konsultan harus bolak-balik diskusi ke Trowulan,” ungkap Sigit. (jos/c7/hud)

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? JADI TEMPAT WISATA: Semin, petugas kebersihan, merapikan tanaman di Kompleks Candi Pari, Porong, kemarin. Di lokasi tersebut, akan dibangun gapura dan akses jalan.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS JADI TEMPAT WISATA: Semin, petugas kebersihan, merapikan tanaman di Kompleks Candi Pari, Porong, kemarin. Di lokasi tersebut, akan dibangun gapura dan akses jalan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia