Jawa Pos

Kembali Rusak Laga Anniversar­y Klopp

-

LIVERPOOL – Juergen Klopp tak pernah happy di setiap laga

anniversar­y- nya bersama Liverpool. Dua kali merayakann­ya, dua kali pula Klopp gagal memberikan kemenangan di Anfield. Uniknya, perusak anniversar­y Klopp selalu sama. Ya, dialah Jose Mourinho bersama armada Manchester United-nya.

Skornya pun sama persis. Jika tahun lalu tertahan tanpa gol, skor itu berulang di Anfield, Liverpool, tadi malam WIB. Satu lagi yang bak deja vu untuk Kloppo, julukan Klopp. Dia selalu gagal menembus skema parkir bus yang kembali dihadirkan Mourinho. ’’Seharusnya Anda (Mourinho) tidak melakukann­ya lagi,’’ kecam Klopp sebagaiman­a dikutip BBC Sports.

United hanya menguasai bola 38 persen. Antonio Valencia dkk pun hanya mencatatka­n sekali tembakan tepat ke gawang dari total enam tembakan. Statistik terburuk di balik catatan impresif The Red Devils pada tujuh pekan sebelumnya. ’’Sepertinya, mereka itu selalu datang ke sini hanya untuk satu poin, dan ya mereka mendapatka­nnya,’’ sindir Klopp.

Sejak era Klopp di Premier League pada 17 Oktober 2015, ini kali keempat Liverpool gagal menjebol gawang lawan di Anfield. Apesnya lagi, tiga di antara empat kegagalan itu terjadi ketika bertemu United. Rekornya, Liverpool sekali kalah dan dua kali tertahan.

Bahkan, tadi malam WIB, pemain dengan rata-rata akurasi tembakan terbaik di Liverpool seperti Philippe Coutinho saja tak berkutik. Dia tak mampu melepaskan satu pun tembakan on target. Itu juga yang menjadi perhatian Klopp. ’’Mungkin yang perlu kami lakukan berikutnya adalah bermain lebih kreatif dan tetap menghadapi situasi seperti ini dengan tangguh,’’ harapnya.

Begitu mencolokny­a permainan bertahan United tadi malam WIB, statistik BBC Sports membanding­kan total sentuhan striker United Romelu Lukaku dengan kiper Liverpool Simon Mignolet. Rom –sapaan Lukaku– hanya melakukan 22 kali sentuhan, sedangkan Mignolet 27 kali sentuhan bola.

’’Bagi kalian, para pengamat, cuma sekali tembakan tepat sasaran itu mudah untuk dikatakan. Tetapi, jika kalian yang melakukann­ya, itu takkan mudah,’’ klaim The Special One, julukan Mourinho, dalam program Sky Sports 5 Live Sport.

Soal sindiran Klopp tentang skema parkir busnya, Mourinho beralasan, dirinya berusaha meredam area yang menjadi kelebihan Jordan Henderson dkk. Dia balik menyalahka­n Klopp. (ren/c19/bas)

 ?? RUI VIEIRA/AP PHOTO ??
RUI VIEIRA/AP PHOTO
 ?? CARL RECINE/REUTERS ?? SEBAL: Aksi Dejan Lovren (kiri) saat mengawal Romelu Lukaku tadi malam.
CARL RECINE/REUTERS SEBAL: Aksi Dejan Lovren (kiri) saat mengawal Romelu Lukaku tadi malam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia