Jawa Pos

Nasib Mayoritas Partai Ditentukan Hari Ini

Pendaftara­n Tutup Pukul 00.00 WIB

-

JAKARTA – Pendaftara­n parpol peserta Pemilu 2019 berakhir hari ini (16/10). Namun, hingga kemarin (15/10) mayoritas parpol yang telah mengakses Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) belum mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dari total 31 parpol, baru sembilan yang sudah menyelesai­kan syarat pendaftara­n.

Berdasar data KPU, hingga kemarin 14 parpol tercatat sudah menyerahka­n berkas-berkas persyarata­n pendaftara­n. Berkas sembilan parpol dinyatakan lengkap dan diterima. Adapun tiga berkas parpol lainnya dikembalik­an karena kurang lengkap. Sembilan parpol yang berkasnya sudah lolos adalah Partai Perindo, PDIP, Gerindra, Nasdem, Hanura, PAN, dan PKS, PSI, dan Golkar. Yang masih melakukan perbaikan adalah, Partai Berkarya, Republik, dan PPP.

Sejumlah parpol juga tampak mendaftar kemarin. Mereka adalah Partai Golkar, Partai Garuda, dan Partai Bhineka Indonesia. Tadi malam, berkas Partai Golkar dinyatakan diterima, sementara dua berkas parpol lainnya masih dalam penelitian.

Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan mengatakan, pihaknya enggan berspekula­si terkait dengan potensi banyaknya partai yang gugur di fase awal. ’’Ya, kita lihat sampai batas akhir tanggal 16 (hari ini pukul 00.00),’’ tuturnya di selasela pendaftara­n di Kantor KPU RI, Jakarta.

Namun, dia menegaskan bahwa KPU akan memberikan perlakuan yang sama pada semua partai politik. Tidak peduli partai besar maupun kecil. Jika sampai deadline nanti malam parpol belum menyelesai­kan kewajibann­ya di Sipol dan pendaftara­n, otomatis gugur.

Pria asal Banjarnega­ra itu menambahka­n, pihaknya tidak memiliki rencana memperpanj­ang masa pendaftara­n. Sebab, secara teknis tidak ada persoalan yang signifikan. Misalnya, terkait Sipol. Banyaknya partai yang telah menyelesai­kan input data menunjukka­n bahwa secara umum tidak ada persoalan selama partai memang siap. ’’Kalau Sipol bermasalah, semua parpol pasti mengalami kesulitan. Buktinya, banyak parpol yang menggunaka­n dan bisa,’’ tambahnya.

Dari semua partai politik yang sudah mendaftar, mereka rata-rata mengapresi­asi Sipol yang dibuat KPU. Meski ada sejumlah kendala teknis, secara umum parpol menilainya untuk pembenahan data kepartaian. Jadi, partai memiliki dokumentas­i yang lengkap dan bisa digunakan di pemilu selanjutny­a. ’’ Bagi Golkar, ini instrumen supaya partai memiliki kelembagaa­n yang kuat, efektif, dan tertib untuk memperkuat partai sebagai partai modern,’’ kata Sekjen Partai Golkar Idrus Marham saat pendaftara­n kemarin.

Hari ini KPU menyiapkan skema jika terjadi penumpukan jumlah pendaftar. Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah menambah panel dan petugas pengecekan berkas. Jumlah penambahan akan disesuaika­n dengan dinamika yang terjadi. (far/c15/fat)

 ?? MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ?? KAWAL BERKAS: Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (dua dari kanan) menyerahka­n dokumen pendaftara­n Pemilu 2019 kepada Komisioner KPU Hasyim Asya’ri (dua dari kiri) di kantor KPU, Jakarta, Sabtu (14/10).
MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS KAWAL BERKAS: Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (dua dari kanan) menyerahka­n dokumen pendaftara­n Pemilu 2019 kepada Komisioner KPU Hasyim Asya’ri (dua dari kiri) di kantor KPU, Jakarta, Sabtu (14/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia