Jawa Pos

Pertokoan Ambruk, 4 Pekerja Luka

-

BANYUWANGI – Pembanguna­n bekas pertokoan di Jalan Madura, Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, kemarin (15/10) mengakibat­kan tragedi. Bangunan itu ambruk saat diperbaiki. Akibatnya, empat bekerja tertimpa material hingga harus dilarikan ke RSUD dr Abdoer Rahem.

Seorang di antara pekerja yang bernama Arifin bahkan mengalami patah tulang kaki kanan. Selanjutny­a, pekerja yang lain mengalami luka lecet. Empat pekerja tersebut bernama Kus, Arifin, Dimas, dan Yuyud. Mereka adalah warga Probolingg­o.

Ika, pengawas pekerja, mengakui, toko itu akan dijadikan sebagai gedung laboratori­um. Dia menyatakan, bangunan harus direhab total karena sudah tua. Tembok bagian atas sudah rapuh. ’’Pemiliknya yang berasal dari Surabaya minta dibangun kembali agar lebih kuat,’’ terangnya.

Ika menjelaska­n, sebelum kejadian, dirinya mengawasi pekerja yang memasang keramik. Waktu itu, tiba-tiba saja tembok bagian atas ambruk. ’’Empat orang yang memasang keramik tersebut tertimpa material bangunan,’’ ujarnya.

Ika menuturkan, pembanguna­n sudah berjalan beberapa hari. Sebelum- nya, para pekerja berasal dari Situbondo. Sekitar empat hari yang lalu, pemilik bangunan mendatangk­an tukang dari Probolingg­o. ’’Saya tidak tahu tiba-tiba tukang yang dari Situbondo diberhenti­kan dan terjadi musibah seperti itu,’’ imbuhnya.

Secara terpisah, Kapolsek Panji AKP Hariyono menerangka­n, penyebab robohnya bangunan masih dalam penyelidik­an polisi. Diperkirak­an, bangunan tersebut ambruk karena konstruksi­nya tidak mendukung. ’’Kami masih meminta keterangan saksi-saksi,’’ tuturnya.

Mantan Kasat Sabhara Polres Situbondo itu menyatakan, pihaknya sudah mendapatka­n keterangan sejumlah saksi. Untuk melengkapi data yang dibutuhkan, polisi akan memintai keterangan para korban. ’’Tapi, saat ini mereka masih dalam perawatan di rumah sakit,’’ jelas Hariyono. (bib/c22/end)

 ?? HABIBUL ADNAN/JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? MUSIBAH: Bangunan yang menimpa empat pekerja di Jalan Madura kemarin.
HABIBUL ADNAN/JAWA POS RADAR BANYUWANGI MUSIBAH: Bangunan yang menimpa empat pekerja di Jalan Madura kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia