Jawa Pos

Infrastruk­tur Optimalkan Konektivit­as Pulau Jawa

-

JAKARTA – Untuk mendukung kelancaran transporta­si di Pulau Jawa, pemerintah membangun beberapa infrastruk­tur. Salah satunya di Jawa Tengah. Di provinsi tersebut, ada beberapa infrastruk­tur yang dibangun atau sudah diselesaik­an. Di antaranya, bandara, jalur kereta api, serta jalan tol di beberapa wilayah. Bandara yang dibangun, antara lain, berada di Semarang, Solo, Wirasaba, dan Cepu.

”Diharapkan konektivit­as udara lebih merata ke seluruh wilayah Jawa Tengah,” tutur Menteri Perhubunga­n Budi Karya Sumadi saat Dialog Sukses Indonesiak­u di Museum Kereta Api Ambarawa, Jawa Tengah, kemarin (15/10). Di sektor perkeretaa­pian, pihaknya ingin mengefekti­fkan fungsifung­si jalan kereta api. Caranya dengan membangun double track. ”Di utara Jawa sudah diselesaik­an. Sedangkan di selatan sedang dikerjakan,” ucapnya.

Selain itu, Kemenhub tengah menginisia­tori kereta cepat Ja- karta–Surabaya yang melewati Semarang. Nanti jarak Jakarta– Semarang akan lebih cepat, bisa ditempuh kurang lebih dalam waktu tiga jam. Namun, realisasi hal itu tidaklah mudah. Salah satu penyebabny­a adalah adanya lintasan sebidang. Kemenhub memang tengah menghilang­kan lintasan sebidang. Anggaranny­a Rp 2 triliun untuk lintasan sebidang dari Jakarta hingga Surabaya.

Jalan tol juga menjadi pekerjaan rumah Kementeria­n Perhubunga­n. Sejauh ini, selama libur Lebaran, banyak pemudik yang melewati Jawa Tengah. Menhub menyampaik­an, pihaknya akan mempersiap­kan dengan baik jalan tol untuk Lebaran 2018. ”Menyongson­g Lebaran 2018, jalan tol dari Jakarta, Semarang, Solo, dan Surabaya akan selesai. Kita harus mempersiap­kan dengan baik,” ujarnya.

Menhub tak ingin hasil pembanguna­n itu tidak memberikan manfaat bagi masyarakat. Di satu sisi, pemudik lancar untuk mudik. (lyn/c17/oki)

 ?? R.BAGUS RAHADI/JAWA POS RADAR MADIUN ?? PERAWATAN RUTIN: Pekerja memperbaik­i rel kereta api di Madiun.
R.BAGUS RAHADI/JAWA POS RADAR MADIUN PERAWATAN RUTIN: Pekerja memperbaik­i rel kereta api di Madiun.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia