Jawa Pos

Pendaftar Puncak HSN Membeludak

-

SIDOARJO – Pada peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Minggu (22/10), akan banyak pasang mata yang tertuju ke Kota Delta. Ribuan orang kembali menyemut di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Hingga kemarin (15/10), ada 80 ribu santri yang mendaftar untuk mengikuti puncak peringatan HSN sekaligus pemecahan rekor membaca kitab kuning.

Menurut Riza Ali Faizin, panitia HSN 2017 Sidoarjo, kitab kuning yang akan dibaca adalah Nashaihul Ibad karya Syekh Imam Nawawi Al Bantani. Kitab yang begitu populer di kalangan pesantren tersebut memiliki kandungan dan makna luar biasa. Kalau dipahami dengan mendalam dan dipraktikk­an, kitab dapat mengantark­an pada kesucian hati, kebersihan jiwa, dan kesantunan budi pekerti.

Sosok Syekh Nawawi Al Bantani juga merupakan ulama besar Nusantara. Sejak usia 15 tahun, dia belajar di Makkah. Selain di Makkah, ulama kelahiran Serang, Banten, tersebut berguru ke ulama-ulama besar dari Makkah, Madinah, hingga Mesir. ”Nah, kiai-kiai besar di Indonesia ini juga pernah menjadi santri beliau (Syekh Nawawi, Red). Termasuk Hadratus Syaikh Hasyim Asyari,” terangnya.

Riza bersyukur respons santri di Sidoarjo juga luar biasa. Awalnya, dia hanya menagetkan 50 ribu santri. Nah, ternyata pendaftar terus bertambah. Karena itu, Presiden Joko Widodo tertarik hadir dalam acara bersejarah itu. ”Rais Am PB NU KH Ma’aruf Amin yang juga keturunan Syaikh Nawawi akan membacakan kitabnya,” katanya.

Sementara itu, beberapa kegiatan yang merupakan rangkaian peringatan HSN 2017 mulai dilaksanak­an. Kemarin, misalnya. Ada seminar nasional bertajuk Santri Preneur dan Mandiri untuk NKRI Hebat yang bertempat di Ruang Delta Graha kantor Sekretaria­t Daerah Pemkab Sidoarjo. (bil/jos/c25/hud)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia