Jawa Pos

Ayo Kirim SMS untuk Lusi dan Intako

Voting API Ditutup Dua Minggu Lagi

-

SIDOARJO – Tak ada yang meragukan betapa besarnya potensi wisata Lumpur Sidoarjo (Lusi) serta Industri Tas dan Koper (Intako) di Kota Delta. Namun, untuk memenangi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017, modal kebanggaan saja tidak cukup. Dukungan terhadap keduanya harus benar-benar tampak dengan berpartisi­pasi dalam voting.

Ketua Koperasi Intako Ainur Rofiq menyampaik­an, selama dua bulan terakhir pihaknya telah membuat kebijakan khusus. Seluruh anggota koperasi diwajibkan mengikuti voting via SMS. Voting itu dikirim ke hotline yang sudah disediakan penyelengg­ara API 2017. Untuk kerajinan kulit Tanggulang­in, mereka diminta mengetikka­n API spasi 13J, lalu mengirimny­a ke 99386.

”Sebelum ambil struk gaji, mereka kami wajibkan melakukan hal itu dan semua satu suara,” tuturnya kemarin (15/10).

Hasilnya cukup lumayan. Kera- jinan kulit Tanggulang­in sementara ini berada di urutan keempat dengan perolehan voting SMS 11,5 persen. Ainur berharap bantuan dari warga agar perolehan voting bisa terus meningkat. Dengan memenangi kompetisi yang digelar Kementeria­n Pariwisata tersebut, Ainur berharap masa kejayaan Intako dapat terulang.

”Seperti beberapa tahun lalu, pesanan membeludak,” tuturnya. Ainur optimistis kemenangan Intako akan membuat permintaan pasar terhadap produk kulit dari Sidoarjo meningkat. Dampak turunannya, peluang kerja akan terbuka lebar. Banyak perajin kulit terserap dan UKM di bawah naungan Intako akan tumbuh pesat. Dengan begitu, pemasukan untuk daerah akan tinggi dan angka penganggur­an berkurang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Sidoarjo Djoko Supriyadi mengatakan bahwa pihaknya juga tidak diam berpangku tangan. Dia sudah membentuk tim yang aktif berpromosi melalui media sosial. Tak henti-henti mereka mengimbau masyarakat Sidoarjo agar mengikuti voting. ”Sudah kami gembor-gemborkan info itu,” katanya.

Dalam event API 2017, ada 15 kategori yang dikompetis­ikan. Sudah dua tahun kompetisi tersebut digelar. Baru tahun ini destinasi wisata Sidoarjo masuk nominasi. Semakin banyak warga yang ikut memberikan suara melalui voting via SMS, semakin tinggi nilai yang diperoleh suatu destinasi wisata. Voting itu akan ditutup akhir Oktober ini.

Sejauh ini, geopark Lusi berada di peringkat kedua untuk kategori objek wisata unik terpopuler dengan perolehan suara 13,9 persen. Saingan terdekatny­a adalah Pulau Kakaban, Berau, Kalimantan Timur. Adapun Intako Tanggulang­in berada di urutan keempat untuk kategori belanja terpopuler.

Menjelang penutupan voting, Djoko berharap lebih banyak lagi warga yang memberikan dukungan untuk dua objek wisata itu. Caranya dengan mengunjung­i ayojalanja­lan. com/vote. Bisa juga melalui SMS. Untuk lumpur, ketik API spasi 14D, lalu kirim ke 99386. Untuk kerajinan kulit Tanggulang­in, ketik API spasi 13J, lalu kirim ke 99386. Voting terakhir 31 Oktober.

”Kalau dua objek itu menang, pemerintah pusat akan lebih serius lagi membangun kawasan tersebut. Masyarakat Sidoarjo juga mendapat manfaatnya,” terangnya. (jos/c11/pri)

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? BERUSAHA BANGKIT: Pusat Koperasi Intako di Tanggulang­in tetap bergeliat kemarin. Luapan lumpur sempat meredupkan aktivitasn­ya.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS BERUSAHA BANGKIT: Pusat Koperasi Intako di Tanggulang­in tetap bergeliat kemarin. Luapan lumpur sempat meredupkan aktivitasn­ya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia