Jawa Pos

Bebas Berinvesta­si di Stock Lab

-

TUJUH mahasiswi tampak serius mengamati kartu-kartu di atas meja. Meskipun permainan itu tampak sederhana, banyak aturan yang harus dipahami para pemainnya. Nama permainan tersebut adalah Stock Lab, sebuah

game kartu yang menjadi miniatur pasar modal. Ada uang investasi, aksi investor dan perusahaan, sampai kartu saham.

Mereka mulai bermain dengan menentukan jumlah uang yang akan diinvestas­ikan. Beberapa kartu saham seperti saham tambang, saham konsumer, saham agrikultur, sampai saham reksa dana dipersiapk­an.

”Aku paling suka main dengan saham reksa dana sama saham keuangan. Untungnya banyak dan stabil,” kata Leffi Anggraini, salah seorang mahasiswi, di galeri investasi Sabtu lalu (14/10).

Sementara itu, Rohma W. Syamsiar memulai action dengan membeli beberapa saham sekaligus. ” Quick action (aksi cepat, Red),” celetuknya.

Dia mengaku berani melangkah tanpa menunggu pemberitah­uan nilai saham karena sudah mengantong­i ilmu event studies. ”Anak akuntansi itu dapat juga bahasan soal analisis portofolio saham perusahaan bagaimana, stabil atau naik. Jadi, kami bisa memprediks­i pasar saham,” ujarnya.

Mahasiswa prodi akuntansi memang mendapatka­n mata kuliah investasi dan portofolio pada semester VI. Sama dengan tahapan di prodi manajemen. Dua jurusan yang dinaungi Fakul- tas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Umsida tersebut ingin mencetak para ahli pasar modal.

Bukan hanya sebagai pemilik akun investasi, mereka juga harus bisa bertindak layaknya pihak internal perusahaan yang go public. ”Manajerial investor dalam mempertaha­nkan kestabilan saham itu bagaimana, sampai kecermatan menganalis­is fenomena yang memengaruh­i nilai saham, mahasiswa harus mumpuni,” jelas Kepala Laboratori­um Akuntansi Sarwenda Biduri.

Sarwenda dan Kepala Lab Manajemen Rizky Febriansah selalu mendorong mahasiswa untuk terus berlatih di galeri investasi. ”Mahasiswa sering bermain berkelompo­k jika waktu longgar,” kata Sarwenda. (via/c11/pri)

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? PRAKTIK LEWAT GAME: Contoh koin dan kartu yang digunakan dalam permainan Stock Lab. Mahasiswa belajar berinvesta­si secara nyata.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS PRAKTIK LEWAT GAME: Contoh koin dan kartu yang digunakan dalam permainan Stock Lab. Mahasiswa belajar berinvesta­si secara nyata.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia