Jawa Pos

PAN Bawa Pencak Macan

-

GRESIK – Pendaftara­n parpol peserta Pemilu 2019 mencapai puncaknya. Menjelang waktu penutupan pendaftara­n Senin pukul 00.00, partai berduyun-duyun mendatangi KPU Gresik. Ada aksi dan atraksi menarik.

Kemarin (15/10) empat partai antre untuk menyetor semua persyarata­n pendaftara­n. Di antaranya, DPD PAN Gresik. Pendaftara­n partai berlambang matahari itu berlangsun­g meriah. Dipimpin ketuanya, Khamsun, para pengurus dan kader membawa berkas pendaftara­n dengan iringan atraksi pencak macan.

Mereka berjalan dari kantor DPD PAN di kawasan Bunder menuju kantor KPU Gresik di Jalan Wahidin Sudirohuso­do. ”Kami ingin melestarik­an budaya asli Gresik,” katanya. PAN menyetorka­n 2.031 anggota. Itu berarti dua kali lipat dari batas minimal keanggotaa­n yang ditetapkan KPU.

Pendaftara­n DPD PKS Gresik juga menarik. Saat tiba di kantor KPU, seluruh pengurus yang dipimpin ketuanya, Fahrizal M. Kohar, membentuk barisan sambil menggotong kotak berisi berkas pendaftara­n. Setelah itu, mereka menuju lokasi pendaftara­n. Selain PAN dan PKS, tercatat dua parpol lain juga mendaftar. Yakni, Partai Berkarya dan Partai Garuda.

Ketua KPU Gresik Ahmad Roni menyatakan, sejauh ini baru tiga parpol yang pendaftara­nnya lengkap. Delapan partai lain dijadwalka­n baru hari ini mendaftar. KPU Gresik memastikan hari ini batas akhir pendaftara­n. Termasuk, seluruh perbaikan berkas juga harus tuntas. ”Tidak ada perpanjang­an waktu. KPU tetap akan menutup pendaftara­n besok (hari ini, Red) pukul 00.00,” kata Akhmad Roni.

Bagaimana jika tak lengkap? Menurut Roni, hal itu tidak otomatis membuat parpol tersebut gagal lolos. ” Yang penting, selama proses verifikasi di tingkat nasional lolos, partai itu tetap bisa ikut pemilu walaupun pendaftara­n di tingkat kabupaten/kota tak memenuhi,” katanya. (ris/c6/roz)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia