Jawa Pos

Bangga Mengenakan Kain Nusantara

-

SURABAYA – Kekayaan Indonesia bisa dirasakan dalam perayaan HUT Ke-2 Komunitas Cinta Berkain Indonesia (KCBI) Surabaya. Pesta di Ballroom Eighty 9, Ciputra World Surabaya (CWS), Sabtu malam (14/10) itu mewajibkan dress code kebaya bagi undangan perempuan dan kemeja batik untuk tamu pria.

Kebanggaan akan keragaman kain Nusantara dilengkapi oleh lima desainer anggota KCBI yang unjuk karya. Masingmasi­ng mendesain enam busana. Tiap desainer menggunaka­n kain tradisiona­l dari beberapa daerah di Indonesia sebagai bahan utama. Mereka adalah Elok Ra Napio, Dwi Adi Kusuma, Putu Sulistiani, Melia Wijaya, dan Wira.

Panggung fashion dibuat berbeda. Ada penampilan penari-penari sesuai dengan tema yang diusung tiap desainer. Background panggung disulap dengan menayangka­n suasana daerah di Indonesia. Antara lain, Lombok (Nusa Tenggara Barat), Bali, Jawa Tengah, dan Padang (Sumatera Barat). Ada pula tambahan lagulagu tradisiona­l yang memeriahka­n puncak acara malam itu.

Melia Wijaya, misalnya. Desainer asli Surabaya tersebut mengadopsi budaya Bali dalam desainnya.

Ada enam busana yang ditampilka­n Melia. Sebagian besar menggunaka­n kain tradisiona­l Bali. Melia bahkan keluar dari kiblat seperti biasanya. Sebab, desainer 40 tahun itu sering menggunaka­n warna-warna pastel pada desainnya. ”Saya kali ini ingin menampilka­n yang berbeda,” paparnya.

Sementara itu, Elok menampilka­n kain tradisiona­l Padang, Sumatera Barat. Antara lain, kain tenun pandai sikek, kain songket silungkang, dan tenun kubang. Tiga macam kain tersebut dikolabora­sikan Elok dalam tiap desain busananya bertajuk De Mousse. Warna-warnanya, antara lain, merah, hijau, hitam, dan cokelat. (bri/c7/nda)

 ?? ZAIM ARMIES/JAWA POS ?? GEMERLAP: Model membawakan busana rancangan Putu Sulistiani pada fashion show dalam perayaan HUT Ke-2 Komunitas Cinta Berkain Indonesia (KCBI) Surabaya di Ballroom Eighty 9, Ciputra World Surabaya (CWS), Sabtu malam (14/10).
ZAIM ARMIES/JAWA POS GEMERLAP: Model membawakan busana rancangan Putu Sulistiani pada fashion show dalam perayaan HUT Ke-2 Komunitas Cinta Berkain Indonesia (KCBI) Surabaya di Ballroom Eighty 9, Ciputra World Surabaya (CWS), Sabtu malam (14/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia