Jawa Pos

Jago Kandang Tumbang

-

TURIN – Ketangguha­n Juven- tus dan Borussia Dortmund di kandang sendiri tercoreng kemarin dini hari WIB (15/10). Jika Juventus dipermaluk­an Lazio 1-2 di Allianz Stadium dalam kedelapan Serie A, Dortmund takluk 2-3 oleh RB Leipzig pada kedelapan Bundesliga. Tak hanya terjadi pada pekan yang sama, kekalahan Juve dan Dortmund sekaligus meruntuhka­n statistik superior mereka yang identik. Ya, untuk kali pertama, La Vecchia Signora dan Die Borussen takluk di kandang sendiri setelah 41 pertanding­an liga. Bagi Juve, kekalahan dari Lazio cukup menyebalka­n. Bagaimana tidak, untuk kali kedua pada musim ini, pasukan Simone Inzaghi memberikan rasa sakit. Sebelumnya, Lazio mengalahka­n Juve dalam Supercoppa Italiana di Stadio Olimpico pada 14 Agustus lalu. Kala itu Biancocele­sti menang 3-2.

Ciro Immobile yang mencetak dua gol di Supercoppa Italiana kembali melakukann­ya kemarin. striker yang mengawali karir bersama Juve (2009) itu tercipta pada menit ke-47 dan eksekusi penalti pada menit ke-54. Tuan rumah sebelumnya memimpin via Douglas Costa (23’).

”Kami sudah mendapatka­n tanda-tandanya (kekalahan) saat melawan Torino, Sassuolo, dan Atalanta. Kami sering ke hi langan konsentras­i dan malam ini (kemarin dini hari WIB, Red) harus membayar mahal untuk itu,’’ ujar

Juve Massimilia­no Allegri sebagaiman­a dilansir

Seiring menderita kekalahan pertama, Juve tertinggal lima poin (19-24) oleh Napoli yang sempurna dalam delapan laga. ’’Kami membuang lima poin dalam dua laga terakhir (sebelumnya seri 2-2 lawan Atalanta (2/10), Red). harus diperjuang­kan di setiap pertanding­an,” jelas Allegri.

Seperti Juve, kekalahan pertama dialami Dortmund pasca sca dipermaluk­an Leipzig. Meski ski masih memuncaki klasemen, tim asuhan Peter Bosz itu kini hanya unggul dua poin (19-17) atas Bayern Muenchen yang menang dalam laga perdana kembalinya Jupp Heynckes.

’’Mereka (Leipzig) layak mendapatka­n tiga poin karena kami tidak bermain sesuai karakter kami,” jelas Bosz di situs resmi klub.

Pierre-Emerick Aubameyang sejatinya membuka gol bagi Dortmund saat laga baru berjalan empat menit. Tapi, Leipzig mampu mencetak tiga gol beruntun melalui Marcel Sabitzer (10’), Yussuf Poulsen (25’), dan penalti Jean-Kevin Augustin (49’). Gol penalti Aubameyang pada menit ke-64 tak cukup menghindar­kan Dortmund dari kekalahan.

Sebelum di Bundesliga, Dortmund juga kehilangan kedigdayaa­n mereka di Signal Iduna Park saat menghadapi Real Madrid di Liga Champions. Kekalahan 1-3 dalam kedua grup H pada 27 September lalu adalah yang per ta ma di kandang sendiri setelah tujuh per pertemuan. (io/c17/dns)

 ?? ANDREA DI MARCO/EPA-EFE ??
ANDREA DI MARCO/EPA-EFE
 ?? MARCO BERTORELLO/AFP ?? giornata spieltag tore Brace Premium.
MARCO BERTORELLO/AFP giornata spieltag tore Brace Premium.
 ?? ANDREW WILLY/JAWA POS FRIEDEMANN VOGEL/EPA ?? allena- Mediaset capolista Scudetto matchday
ANDREW WILLY/JAWA POS FRIEDEMANN VOGEL/EPA allena- Mediaset capolista Scudetto matchday

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia