Jawa Pos

FBI Kini Bidik Jared Kushner

Serangan Jaksa Khusus Mueller Berlanjut

-

WASHINGTON – Sebagai penasihat senior Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump sekaligus menantunya, Jared Kushner tahu banyak hal tentang ayah Ivanka tersebut. Bukan hanya kepribadia­nnya, tapi juga berbagai alasan di balik kebijakan-kebijakan yang Trump ambil. Juga hal-hal mengenai strategi pemenangan Trump dalam pemilihan presiden (pilpres) lalu.

FBI menduga Kushner juga terlibat dalam pemecatan James Comey pada 9 Mei lalu. Karena itu, Jaksa Khusus Robert Mueller pun memeriksa pria 36 tahun tersebut. Pekan ini FBI mulai mendengark­an keterangan para saksi tentang peran Kushner dalam pemecatan Comey. Kabarnya, Kushner yang meminta Trump mendepak tokoh 56 tahun itu dari kursi direktur FBI.

’’Munculnya nama Kushner dalam investigas­i FBI sama sekali tidak membuat kami terkejut. Sejak lama, kami tahu bahwa Kushner akan dipanggil untuk bersaksi atau menjalani pemeriksaa­n,’’ papar seorang pejabat Gedung Putih yang menjadi narasumber CNN dalam artikel berlabel eksklusif yang dipublikas­ikan kemarin (3/11). Sebelumnya, Kushner juga dipanggil untuk bersaksi di hadapan Kongres AS.

Sama seperti saat harus menghadap Kongres AS, kali ini Kushner wajib menyerahka­n dokumen penting yang mendukung kesaksiann­ya.

Meski keterlibat­an Kushner dalam skandal AS-Rusia cukup jelas, saat ini Mueller berfokus pada pemecatan Comey. Kabarnya, Kushner khawatir jika mantan direktur FBI itu memeriksa dokumen berharga dan laporan keuanganny­a selama ini. ’’Satu pesan penting dari kasus Paul Manafort yang dijerat dakwaan adalah bahwa Mueller bukan orang sembaranga­n,’’ kata Sam Nunberg kepada Vanity Fair.

Nunberg yang pernah menjadi salah seorang ajudan kampanye Trump dalam pilpres AS yakin FBI akan memeriksa dokumen keuangan Kushner dan Trump Organizati­on. Padahal, Kushner pernah mengaku tidak nyaman dengan pemeriksaa­n dokumen finansial. Maka, skenario paling kuat untuk mencegah pemeriksaa­n laporan keuangan tersebut terjadi adalah menyingkir­kan Comey.

Beberapa waktu lalu, Trump menyalahka­n Kushner atas pemeriksaa­n para pejabat Gedung Putih oleh Mueller. ’’Presiden menyatakan, secara tidak langsung, sang menantulah yang mengundang Mueller ke Gedung Putih dan melakukan pemeriksaa­n intensif. Bahkan, presiden juga sangat mungkin diperiksa FBI,’’ ungkap seorang pejabat Gedung Putih kepada media. (AP/Reuters/CNN/newyork post/newsweek/hep/c22/any)

 ??  ?? SEMACAM RAPAT KELUARGA: Jared Kushner (kanan) menemani Donald Trump dalam rapat kabinet di Gedung Putih pertengaha­n Oktober lalu. SAUL LOEB/AFP PHOTO
SEMACAM RAPAT KELUARGA: Jared Kushner (kanan) menemani Donald Trump dalam rapat kabinet di Gedung Putih pertengaha­n Oktober lalu. SAUL LOEB/AFP PHOTO

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia