Jawa Pos

Selidiki Goldman Sachs Terkait 1MDB

-

SINGAPURA – Skandal 1Malaysia Developmen­t Bhd (1MDB) yang menyeret PM Malaysia Najib Razak, rupanya, juga menyenggol perusahaan investasi dan m manajemen keuangan Goldman Sachs. Kejaksaan dan kepolisian Singapura dilaporkan telah meminta keterangan kepada beberapa petinggi dan mantan eksekutif perusahaan yang berbasis di New York, Amerika Serikat (AS), itu pada Oktober lalu.

Mereka ditanya mengenai penjualan obligasi 1MDB. ’’Penyelidik juga mencari tahu hubungan perusahaan dengan pengusaha Malaysia Low Taek Jho,’’ ujar sumber dalam penyelidik­an itu yang diwawancar­ai oleh Bloomberg. Pria yang biasa disebut dengan Jho Low itu dituding sebagai orang yang berperan penting mengatur pencucian uang hasil korupsi di 1MDB. Dia kini buron dan psosisinya belum diketahui.

Penyelidik­an itu merupakan bagian dari usaha untuk mencari bukti adanya tindak pidana atas uang yang mengalir ke 1MDB. Hingga kini, belum ada dakwaan maupun tudingan tindak pidana yang diarahkan ke Golman Sachs maupun para pegawainya. Juru bicara Goldman Sachs di Hongkong tidak mau memberikan pernyataan. 1MDB juga memilih tutup mulut.

Goldman Sachs merupakan penasihat transaksi keuangan 1MDB. Pada 2012 dan 2013, mereka membantu penjualan obligasi 1MDB sebesar USD 6,5 miliar (Rp 87,75 triliun). Uang tersebut seharusnya digunakan untuk proyek pembanguna­n. Tetapi, jaksa di AS menuding bahwa dana tersebut dibagi-bagikan kepada para petinggi 1MDB dan orang-orang terdekat mereka. (Reuters/Bloomberg/sha/c4/any)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia