Jawa Pos

Sepeda Gratis Dipasangi Pelat Nomor

-

BLITAR – Pembagian sepeda gratis bagi siswa sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Blitar segera dilakukan. Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Blitar memastikan, sepeda pancal itu siap didistribu­sikan dalam waktu dekat.

Bahkan, saat ini sepeda tersebut siap dipasangi pembeda. Yakni, menambahka­n embel-embel nomor pelat untuk masing-masing siswa.

Alasannya, ribuan sepeda yang bakal dibagikan secara serentak kepada siswa kelas VIII dan IX tersebut mirip dan berasal dari pabrik yang sama. Karena itu, harus ada pembeda pada sepeda yang dipinjampa­kaikan kepada masingmasi­ng anak.

”Ya, mungkin dalam waktu dekat, sesuai dengan janji wali kota. Beberapa persiapan sedang dilakukan,” jelas Sekretaris Dispendik Kota Blitar Heru Puji M.

Menurut dia, salah satu persiapann­ya adalah pemberian pelat maupun penomoran di bagian bodi sepeda. Hal itu dilakukan untuk membedakan sepeda masing-masing siswa. Dengan begitu, setiap siswa bisa mengenali sepeda masing-masing. ”Karena sepedanya identik sama, harus dibedakan. Sepeda ini harus dirawat, tidak boleh dicat ulang atau diubah,” ucap Heru.

Sepeda subsidi gratis dari Pemkot Blitar untuk para siswa tersebut tidak diberikan secara total, tetapi dipinjampa­kaikan kepada para siswa. Saat siswa kelas IX lulus, sepeda itu bisa diwariskan kepada adik kelas.

”Sepeda ini hanya dipinjampa­kaikan. Meskipun bisa dibawa pulang, tetap harus dijaga. Karena sepeda tersebut nanti diwariskan kepada adik kelas saat pemakai sepeda lulus.” (ady/ziz/c21/diq)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia