Jawa Pos

Layanan WhatsApp Terganggu 30 Menit

-

SINGAPURA – Para pengguna WhatsApp ( WA) di berbagai negara mengeluh kemarin (3/11). Sebab, sekitar 30 menit layanan messenger milik Facebook Inc. tersebut tidak berfungsi sebagaiman­a mestinya.

Gangguan itu terjadi bersamaan di berbagai negara pada pukul 02.38 waktu New York. Keluhan pun terdengar di mana-mana: Brasil, Rusia, Vietnam, India, Myanmar, Singapura, dan beberapa negara yang lain.

Error- nya aplikasi pesan yang dipakai oleh lebih dari 1,2 miliar penduduk dunia itu pun menjadi trending topic di Twitter dan Facebook.

” Whatsappdo­wn.” Demikian topik utama yang menjadi bahasan media cetak maupun online di India. Di negara tersebut, ada sedikitnya 200 juta pengguna WA.

Saat ini, India menempati urutan pertama pengguna WA terbesar di dunia. ” Layanan WA kembali berfungsi normal secara bertahap setelah 30 menit error,” terang Reuters, mengutip keterangan para pengguna WA di India.

Laporan yang sama disampaika­n oleh para pengguna WA di Pakistan, Inggris, dan Jerman. Rata- rata, WA kembali berfungsi normal setelah terganggu sekitar 30 menit.

Di Singapura, juru bicara Facebook mengatakan bahwa penyebab gangguan layanan WA di berbagai negara itu belum diketahui pasti. ”Kami masih melakukan investigas­i,” ungkapnya.

Beberapa pekan terakhir, laporan tentang WA yang error juga muncul di beberapa negara. Laporan itu disampaika­n para pengguna WA lewat Twitter atau Facebook. Tapi, gangguan-gangguan tersebut lantas hilang dalam hitungan menit. Tidak sampai 30 menit seperti kemarin. (Reuters/hep/c6/ttg)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia