Jawa Pos

Dinas PUPR Kebut Proyek JLT dan JLB

-

SIDOARJO – Memasuki pengujung tahun, proyek jalan yang menjadi prioritas pemkab kembali menggeliat. Salah satunya pelebaran Jalan Lingkar Timur ( JLT). Kemarin (3/11), satu ekskavator tampak mengeruk tanah di Jalan Lingkar Timur. Tepatnya di depan Depo Pemasaran Ikan. Tanah yang dikeruk langsung dinaikkan ke bak truk yang menunggu di depannya.

Di pinggiran jalan terpasang tali bergaris merah-putih. Tali itu menjadi penanda batas antara tanah yang akan dikeruk dan jalan. Lebar lahan yang dikeruk berkisar 5 meter.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sigit Setyawan menjelaska­n, proyek pelebaran JLT mulai berjalan awal bulan ini. Proyek tersebut dimulai dari depan Gedung Sidoarjo Community Center (GSCC).

”Panjang jalan yang dikerjakan 318 meter,” jelasnya. Pelebaran jalan lingkar timur merupakan proyek lanjutan. Tahun lalu dinas PUPR melebarkan jalan di kawasan Desa Prasung, Buduran. Lokasinya di depan Perumahan Pesona Permata Gading II. Jalur yang semula hanya 7 meter diperlebar menjadi 14 meter.

Proyek pelebaran jalan itu memakan anggaran Rp 4,9 miliar. Sigit optimistis pekerjaan tersebut akan tuntas pada Desember.

Pemkab juga sedang mengebut pembanguna­n jalan lingkar barat (JLB). Proyek itu merupakan lanjutan tahun lalu. Kali ini tahapannya sudah sampai pengurukan badan jalan di Desa Sugihwaras, Kecamatan Candi. Panjang jalan yang dikerjakan 150 meter dengan lebar 35 meter. ”Anggaranny­a sama, Rp 4,9 miliar,” ujar Sigit. (aph/c21/pri)

 ??  ?? BOY SLAMET/JAWA POS PERLEBAR AKSES: Ekskavator mengeruk tanah di depan Depo Pemasaran Ikan, Jalan Lingkar Timur, kemarin. Nanti, jalur ini lebih nyaman dilewati pengendara.
BOY SLAMET/JAWA POS PERLEBAR AKSES: Ekskavator mengeruk tanah di depan Depo Pemasaran Ikan, Jalan Lingkar Timur, kemarin. Nanti, jalur ini lebih nyaman dilewati pengendara.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia