Jawa Pos

Belum Diresmikan, Tanggul BGS Ambrol

-

GRESIK – Proyek Bendung Gerak Sembayat (BGS) sebetulnya tuntas sejak Oktober 2016. Meski belum lama selesai, megaproyek senilai Rp 1,2 triliun itu kini mendapat perbaikan serius. Sebab, tanah bagian dalam tanggul di sisi barat ambrol sepanjang 25 meter.

Demi mengantisi­pasi longsor yang lebih parah, dipasang pagar besi yang mengelilin­gi bagian tanah di sisi tanggul. Pagar besi berfungsi membenteng­i tanah agar tidak bergerak ke arah bendungan. ’’Permukaan tanah retak-retak dan bergerak ke sisi bendungan,” kata salah seorang pekerja Wiratmoko.

Akibatnya, tembok bendungan di beberapa titik terlihat agak tenggelam. Permukaan tembok tidak rata. Menurut Wiratmoko, kondisi itu dipengaruh­i gerakan tanah ke sisi air atau bendungan.

Aktivitas pemasangan pagar besi sudah berlangsun­g selama tiga minggu belakangan. Pagar besi dijejer sepanjang 25 meter. Tiang pancang dengan panjang 12 meter dibenamkan ke dalam tanah. Suntikan tiang pancang itu berfungsi menahan tanah agar tidak bergerak ke sisi bendungan.

Rahmad yang disebut sebagai mandor proyek mengungkap­kan, tidak ada masalah dengan pekerjaan itu. Menurut dia, itu hanya pekerjaan biasa. ’’Ini hanya pemelihara­an biasa. Tidak ada apa-apa,” kata Rahmad.

Eko Udji Cahyono yang sebelumnya menjabat manajer proyek BGS mengaku tidak tahu dengan kondisi tersebut. Sebab, dia tidak lagi menangani proyek yang terletak di Desa Sidomukti, Bungah, itu. Saat ini, dia sudah pindah tugas ke Sumbawa, NTB. Namun, hingga kini, lanjut dia, proyek nasional tersebut belum diserahkan ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo.

Hingga sekarang, proyek yang mulai dikerjakan pada 2011 itu memang belum diresmikan. Pada Februari 2016, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljon­o pernah mengunjung­i proyek tersebut. Kala itu Basuki menyampaik­an akan melaporkan perkembang­an BGS ke Presiden Joko Widodo.

Pada Oktober 2016, mencuat kabar bahwa Presiden Jokowi akan meresmikan BGS. Namun, hingga akhir 2016, peresmian tidak kunjung terealisas­i sampai sekarang. (mar/c17/dio)

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? SEPANJANG 25 METER: Pekerja memasang pagar besi untuk menahan tanggul Bendung Gerak Sembayat yang ambrol ke arah bendungan.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS SEPANJANG 25 METER: Pekerja memasang pagar besi untuk menahan tanggul Bendung Gerak Sembayat yang ambrol ke arah bendungan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia