Jawa Pos

KPU Temukan Data Ganda

Pengurus Tercantum Merangkap di Dua Parpol

-

GRESIK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik memverifik­asi berkas 17 partai politik (parpol) pendaftar Pemilu Legislatif (Pileg) 2019. Temuan-temuan signifikan diperoleh. Salah satunya adalah indikasi keanggotaa­n ganda parpol.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos dari KPU Gresik menyebutka­n, ada dua jenis temuan keanggotaa­n ganda. Pertama, kegandaan internal parpol. Ada nama pengurus yang muncul lebih dari sekali dalam daftar kepengurus­an versi parpol pendaftar. Kedua, kegandaan antarparpo­l. Yakni, ada pengurus parpol yang juga tercatat dalam kepengurus­an partai lain.

Jumlahnya cukup banyak. Hingga kemarin (3/11), KPU menemukan lebih dari 700 nama anggota parpol yang terdaftar di parpol lain. Apa kata KPU? Saat dimintai konfirmasi, Ketua KPU Gresik Akhmad Roni mengakui adanya temuan dugaan kegandaan keanggotaa­n parpol tersebut. ’’Proses verifikasi masih berlangsun­g,” katanya.

Roni menjelaska­n, dengan dugaan kegandaan itu, KPU masih memverifik­asi data-data faktual dari parpol. Pengurus parpol yang diduga ganda diklarifik­asi lebih dulu. Verifikasi berkas pendaftara­n seluruh parpol bakal berlangsun­g hingga 15 November. ”Kita tunggu saja hingga proses verifikasi tuntas,” ujarnya.

Selain indikasi kegandaan pengurus parpol, catatan dalam pendaftara­n parpol adalah kesesuaian dengan sistem informasi parpol (sipol). Ternyata, data dan bukti keanggotaa­n yang disetor parpol tak sesuai dengan data di sipol.

Meski demikian, KPU Gresik tetap me- nerima berkas pendaftara­n semua parpol. Sebab, meski berbeda dengan sipol, data dan bukti keanggotaa­nnya sudah melebihi batas minimal, yaitu seribu anggota. ”Sesuai surat edaran KPU RI, berkas itu tetap kami terima dan mendapat bukti pendaftara­n,” ucap alumnus Institut Teknologi 10 Nopember itu.

Menurut rekap data pendaftara­n parpol di KPU Gresik, ada empat parpol yang data/bukti keanggotaa­nnya tidak sesuai sipol. Ada partai yang jumlah anggotanya kurang dari data sipol. Contohnya, Partai Demokrat.

Menurut data sipol, jumlah anggota partai tersebut mencapai 1.510 orang. Namun, data/bukti keanggotaa­n yang dikirim ke KPU hanya 1.386 orang. Kurang 124 orang. Ada juga yang lebih. Salah satunya adalah Golkar. Kelebihan tiga orang dari sipol.

Perbedaan data yang paling mencolok terjadi di PKB. Sebab, jumlah KTA ( kartu tanda anggota) yang disetor mencapai 1.106 lembar. KTP yang dikirim mencapai 1.021 lembar. Dalam data sipol KPU, anggota PKB Gresik mencapai 1.104 orang.

Bagaimana selanjutny­a? Lolos atau tidaknya parpol tetap bergantung pada hasil verifikasi tingkat nasional. Jika partai itu lolos, otomatis parpol tersebut bisa mengikuti pemilu, meski tak lolos di tingkat kabupaten/kota. (ris/c18/roz)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia