Jawa Pos

Banker kok Dibilang Terapis Alexis

-

ENTAH apes apa yang dialamimi Anindytia Oktaviani. Foto pegawaiwai sebuah bank BUMN itu diambilbil dan disalahgun­akan oleh para pe-enyebar hoax. Foto Anin, panggilana­n Anindytia, digunakan seolah-olahah sebagai terapis panti pijat Alexisxis yang sedang berkicau tentangng siapa saja pelanggann­ya.

Belum diketahui siapa yangng memulai penyebaran foto Aninin sebagai terapis Alexis. Yang pasti,ti, warganet mendeteksi salah satutu penyebarny­a akun Ba-asuki Sutawijaya. Pada 31 Oktoberer 2017, Basuki mem- posting statusus ”Nabila Jessica Alexis Hotel.”l.” Status itu diunggah bersama fototo Anin dan akun @

Akun @ yang digabung dengan foto Anin-ndytia itu berkicau tentang figurur publik yang pernah menjadi ta-amu Alexis. Total ada tiga kicauanan yang pernah di- posting. Tentutu saja, kicauan itu mendiskred­itkan nama-nama figur publik yang disebut di dalamnya.

Jawa Pos memang pernah melihat langsung akun @ nabilajess­ica18 mem- posting tiga tweet itu. Isinya persis apa yang di- capture oleh akun Facebook Basuki Sutawijaya. Tapi, entah kenapa, akun tersebut tak lagi bisa diakses sejak kemarin. Tidak hanya itu, Basuki juga sudah menghapus foto Anindytia. Sebab, banyak warganet yang memergoki Basuki mencomot foto Anin dari akun Instagram bankercant­ik.id.

Menurut bankercant­ik.id, foto Anindyatia pernah mereka repost ( regram) pada 28 Februari 2017. ”Tapi, dengan sengaja ada orang yang menggunaka­n foto ini sebagai konten hoax di media sosial,” tulis akun bankercant­ik.id kemarin. Menurut akun itu, Anin merupakan banker Bank Mandiri.

Jawa Pos yang menghubung­i Anin lewat direct message di Instragram- nya tidak mendapat balasan. Namun, mantan teman sekerja Anin yang memiliki akun Facebook bernama Nila Melinda akhirnya membongkar ulah ngawur akun Facebook Basuki Sutawijaya. Di status Basuki, Nila menyatakan bahwa foto yang dipasang itu merupakan mantan teman kerjanya.

”Saya mau klarifikas­i. Jangan fitnah ya. Dia itu teman saya waktu kerja di Yamaha Music Cibitung. Sekarang dia kerja di Bank Mandiri. Mungkin orang itu ambil foto dari sini. Dia gak main FB, tapi main Instagram,” tulis Nila.

Nila sempat membantu menyambung­kan Jawa Pos kepada Anin. Tapi, Anin tidak mau terhubung dengan media. Anin hanya menitipkan pesan lewat Nila untuk Jawa Pos. Menurut Anin, fotonya sudah jelas diman- faatkan untuk oleh orang yang tidak bertanggun­g jawab.

Jawa Pos juga berupaya mengklarif­ikasi hoax itu kepada penyebarny­a, Basuki Sutawijaya. Koran ini menghubung­i Basuki via Facebook messenger. Namun, Basuki tidak merespons. Dalam akun Facebook- nya, pria itu mengaku pernah bekerja di KFC Holding Malaysia Sdn Bhd dan PTPN XIV Persero. Dia berasal dari Sidoarjo, Jawa Timur. Pernah bersekolah di SMA Negeri 1 dan sekarang tinggal di Watampone, Sulawesi Selatan. (gun/eko/c6/fat)

Foto Anindytia Oktaviani dicomot orang, diberi keterangan seolaholah dia adalah terapis griya panti pijat Alexis, kemudian berkicau tentang nama-nama pelanggann­ya.

 ??  ??
 ?? ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS ?? Facebook screenshot nabilajess­ica18. Twitter nabilajess­ica18 18 Twitter er hoax
ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS Facebook screenshot nabilajess­ica18. Twitter nabilajess­ica18 18 Twitter er hoax

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia