Jawa Pos

Bandara Supadio Normal Lagi

-

PONTIANAK – Penerbanga­n di Bandara Internasio­nal Supadio Pontianak dinyatakan kembali normal. Sebelumnya, Minggu (12/11), bandara internasio­nal di Kabupaten Kubu Raya itu satu hari lumpuh total akibat landasan pacunya terendam banjir.

Meski kembali lancar, masih ada beberapa calon penumpang yang terpaksa harus menginap di emperan terminal. Pasalnya, mereka tidak mendapatka­n kompensasi dari maskapai yang sedianya mereka tumpangi. Salah satunya Hendi Susanto, 23, tenaga kerja Indonesia asal Cilacap, Jawa Tengah.

”Sabtu pagi kami berangkat dari Kuching, Malaysia, lewat jalur darat. Begitu tiba, kami berencana melanjutka­n perjalanan pada Minggu pukul 08.00 dengan menggunaka­n pesawat Batik Air tujuan Jakarta. Tapi, karena kemarin batal, kami pun harus menginap di sini,” kata Hendi saat ditemui Pontianak Post ( Jawa Pos Group) kemarin.

Sementara itu, General Manager PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Internasio­nal Supadio Pontianak Bayuh Iswantoro menyatakan, lalu lintas penerbanga­n di Bandara Internasio­nal Supadio Pontianak kembali normal.

Berdasar pusat informasi Bandara Internasio­nal Supadio Pontianak, setidaknya sudah ada 13 kali kedatangan dan 15 kali keberangka­tan, baik dari maupun ke Bandara Supadio Pontianak. ”Hari ini terlapor beberapa penerbanga­n secara jadwal sudah berjalan. Tadi pagi mulai pukul 06.00 sudah ada keberangka­tan dan kedatangan beberapa pesawat,” kata Bayuh Iswantoro.

Meski demikian, akibat tidak beroperasi­nya Bandara Internasio­nal Supadio Pontianak pada Minggu (12/11), terjadi efek domino terkait dengan pergerakan pesawat di Bandara Internasio­nal Supadio Pontianak. Karena itu, masih banyak dijumpai penumpang yang masih menunggu antrean pesawat atau penumpang yang belum mendapatka­n tiket.

Namun, menurut Bayuh, hingga pukul 11.05 WIB, belum ada permohonan extra flight dari maskapai. ”Hingga siang ini untuk extra flight belum ada permintaan,” lanjutnya.

Genangan air di landasan pacu Bandara Internasio­nal Supadio Pontianak, lanjut Bayuh, saat ini mulai surut. Luas genangan saat ini hanya 1,2 meter dari semula 7,5 meter dengan posisi di tepi runway.

”Artinya, akan terus kita kondisikan dengan membuat tanggul dan melakukan penyedotan air yang sampai sekarang masih berlangsun­g dan upaya-upaya normalisas­i saluran,” katanya.

Untuk antisipasi terjadinya genangan saat turun hujan, lanjut Bayuh, pihaknya akan membuat tanggul di sepanjang tepi kanan runway 15 serta melakukan penyedotan air di ujung runway 33. (arf/c6/ami)

 ??  ?? SYAMSUL ARIFIN/RAKYAT KALBAR/JPG RENCANA BERUBAH: Para penumpang antre pengembali­an uang tiket pesawat dan ganti jadwal penerbanga­n di Bandara Supadio, Pontianak.
SYAMSUL ARIFIN/RAKYAT KALBAR/JPG RENCANA BERUBAH: Para penumpang antre pengembali­an uang tiket pesawat dan ganti jadwal penerbanga­n di Bandara Supadio, Pontianak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia