Jawa Pos

Lakukan Relaksasi Simpel

-

SERANGAN panik bukanlah penyakit yang datang sendirian. Nalini Muhdi menyatakan bahwa penyebab serangan panik adalah interaksi beberapa faktor. Misalnya, keturunan, ketidak se imbangan neurokimia­wi di otak, dan personal stress. Dia menjelaska­n bahwa faktor stres pribadi merujuk pada peristiwa kehilangan dan perubahan drastis dalam kehidupan individu serta trauma masa lalu. Di samping itu, faktor kepribadia­n seseorang bisa meningkatk­an risiko serangan panik.

’’Orang yang dasarnya sudah mudah panik atau nggak bisa menerima hal yang tidak sesuai dengan keinginan biasanya akan lebih muda terkena,’’ jelas Nalini.

Dokter Sadya Wendra SpKJ menerangka­n, orang dengan ketergantu­ngan zat obat –khususnya narkoba dan zat psikotropi­ka– juga rentan mendapat serangan panik.

Nalini menyayangk­an ketidaktah­uan masyarakat pada serangan panik. Terutama karena muncul gejala fisik yang menyertai. Dia mengungkap­kan bahwa banyak penderita yang kecele. ’’ Saat muncul nyeri dada, deg-degan, dan napas pendek atau sesak, mereka langsung ke UGD. Dikiranya serangan jantung. Padahal panic attack,’’ katanya.

Umumnya, penderita yang sudah paham menderita panic attack memang pergi ke rumah sakit. Namun, mereka tidak langsung menuju UGD. Di sana mereka tersugesti akan mendapat penanganan yang baik jika serangan makin parah. ’’Jadi, mereka biasanya mampir ke kantin untuk menenangka­n diri. Setelah serangan selesai, ya pulang,’’ ujarnya.

Sementara itu, Sadya menyaranka­n, ketika sadar bakal muncul serangan, penderita sebaiknya menerapkan metode relaksasi yang simpel. Caranya, tarik napas perlahan, lalu diembuskan, lakukan beberapa kali. Yang terpenting, jangan lupa mengonsums­i obat sesuai dengan petunjuk dokter.

Dokter yang juga berpraktik di RKZ Surabaya itu menuturkan, penderita juga disarankan mengikuti sesi terapi kognitif. Yakni, terapi yang mengajak penderita memecahkan masalah dengan berkomunik­asi langsung dengan orang yang sudah sembuh dari serangan panik atau masalah kecemasan lainnya. (fam/c14/na)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia