Jawa Pos

Grup Y Belum Kantongi Izin Pertanding­an

-

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memang jago dalam membuat deg-degan kontestan grup Y babak 8 besar Liga 2. Bagaimana tidak, sesuai jadwal, besok (15/11) adalah kickoff laga pertama Persebaya Surabaya versus PSIS Semarang dan PSPS Riau kontra PS Mojokerto Putra (PSMP). Nyatanya, hingga tadi malam (13/11) izin keamanan belum ada.

Padahal, sesuai tradisi, hari ini waktunya jajal lapangan bagi tim yang akan bermain besok. Setelah dua kali pindah venue, tentu saja situasi tersebut sangat tidak menyenangk­an bagi keempat kontestan grup Y. Sebelumnya di Bekasi dan Cikarang juga tidak keluar izin dari kepolisian.

Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Yusri Yunus menyatakan, sampai tadi malam izin pertanding­an pada 15 November memang belum keluar. Masih dalam proses yang mungkin diputuskan siang hari ini. ”Kami akan cek besok (hari ini, Red). Karena bersamaan dengan kegiatan lainnya,” ujar dia.

Padahal, keempat tim dari grup Y sudah datang ke Bandung. Mereka sudah menjalani latihan dengan menyewa beberapa lapangan di Kota Kembang. Ternyata, belum ada izin keamanan.

Salah seorang panitia pelaksana yang biasa menggelar pertanding­an di Stadion Gelora Bandung Lautan Api mengatakan bahwa surat izin pertanding­an masih diproses. Pria yang tidak mau namanya disebutkan itu masih terus berkomunik­asi dengan pihak kepolisian agar menurunkan surat izin keamanan. ”Sebab, perintah dari atasan (PSSI), laga harus segera digelar. Di Kota Bandung, tidak pindah ke mana-mana lagi,” bebernya.

Belum adanya kepastian bertanding tentu saja mengecewak­an kontestan grup Y. Pelatih PSMP Redi Supriyanto menyatakan sudah malas memikirkan ketidakjel­asan jadwal 8 besar. Yang terpenting, dia hanya berfokus melatih anak asuhnya dan mengikuti kemauan PSSI.

Redi mengusulka­n, kalau memang laga tidak bisa digelar, seharusnya operator bisa mengambil sikap. Digelar di Surabaya, misalnya, jika memang perizinan sulit karena banyaknya suporter Persebaya yang akan hadir. ”Jadi tidak pusing lagi. Kami main di mana saja siap,” cetusnya. (rid/c9/ham)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia