Jawa Pos

Maksimalka­n Potensi Usaha

-

SURABAYA – Ada beberapa sekolah menengah kejuruan (SMK) yang ditunjuk menjadi badan layanan umum daerah (BLUD). Sekolah tersebut telah menyiapkan beberapa strategi pemasukan. Inventaris­asi peluang itu dilakukan sekolah untuk memaksimal­kan potensi.

Di Surabaya, hanya tiga di antara delapan SMK negeri yang ditunjuk menjadi SMK BLUD. Yakni, SMKN 1, SMKN 5, dan SMKN 6. Tiga SMK tersebut diwajibkan mengembang­kan unit produksi di sekolah.

Kepala SMKN 1 Bahrun menyatakan, pihaknya sudah melakukan beberapa strategi yang akan menjadi pemasukan sekolah. Sekolah itu bakal memaksimal­kan beberapa jurusan teknologi untuk memperoleh pendapatan.

SMKN 1 akan membuka pelatihan TI bagi karyawan perusahaan. Saat ini sekolah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan. Salah satu program yang digalakkan dalam pelatihan tersebut adalah digital marketing. Pemasaran berbasis teknologi itu memiliki peluang besar.

Persiapan memilih layanan unggulan juga dilakukan SMKN 5. Kepala SMKN 5 Rinoto menyebutka­n bahwa saat ini di sekolahnya ada tujuh jurusan. Dari jurusan tersebut, dia telah memetakan beberapa jurusan yang berperan menambah pemasukan sekolah. Yang paling siap saat ini adalah jurusan teknik kendaraan ringan (TKR). Jurusan itu telah melayani jasa servis otomotif sehingga bisa memberikan pemasukan ke sekolah.

Selain TKR, jurusan seperti teknik permesinan bakal menjadi andalan sekolah. Jurusan tersebut memiliki mesin computer numerical control (CNC). Sistem otomasi mesin perkakas yang dioperasik­an melalui pemrograma­n. (elo/c14/nda)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia