Jawa Pos

Duh, Yang Ditilang Naik Tiga Kali Lipat

-

SIDOARJO – Napas Brigadir Dani Yunara terlihat ngos-ngosan saat menuntun sepeda motor Jupiter bernopol W 5426 SL. Sepeda motor tersebut sengaja ditinggal pemiliknya sebagai kamuflase untuk menghindar­i Operasi Zebra Semeru di sisi timur Alun-Alun Sidoarjo.

Dani terpaksa membawa motor tersebut ke titik operasi yang berjarak sekitar 30 meter. ’’Ditinggal yang punya. Enggak tahu ke mana,’’ katanya kemarin (13/11).

Operasi Zebra Semeru berlangsun­g selama dua minggu. Hari ini terakhir. ’’Untuk sementara kita peringkat dua penindakan di bawah Polrestabe­s Surabaya,’’ tutur Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji.

Berdasar data sementara Operasi Zebra Semeru per 12 November, petugas mengeluark­an 16.205 surat tilang. Di luar itu, ada 1.600 pengendara yang mendapat teguran. Jumlah tersebut jauh meningkat dibandingk­an tahun lalu yang hanya 4.681 tilang dan 636 teguran.

Melonjakny­a angka pelanggara­n itu sejalan dengan jumlah kendaraan yang juga terus meningkat dari tahun ke tahun. ’’Ada sekitar 7.000 kendaraan baru (motor dan mobil, Red) di jalanan Sidoarjo,’’ lanjutnya.

Ketua Masyarakat Transporta­si Indonesia (MTI) Sidoarjo Franki Effendi menuturkan, operasi tersebut seharusnya lebih rutin dilaksanak­an agar bisa memberikan efek jera.

’’Masih banyak warga yang belum paham terkait pelanggara­n lalu lintas yang mereka lakukan,’’ kata Franki yang juga menjabat ketua KONI Sidoarjo itu. (jos/c15/pri)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia