Jawa Pos

Pinjam Rekening Lima Teman

-

SIDOARJO – Kasus pemerasan bermodus rekaman video yang dilakukan Irwan Setiawan terhadap LM terus melebar. Ada lima nama yang kini ikut terbawa dalam pusaran masalah. Dari hasil penyidikan diketahui bahwa Irwan ternyata silih berganti meminjam nomor rekening lima temannya setiap melancarka­n aksi. Dia meminta LM mentransfe­r sejumlah uang ke rekening yang kerap berbeda-beda itu.

’’Secepatnya lima orang itu kami panggil untuk pengembang­an,’’ ungkap Kasatreskr­im Polresta Sidoarjo Kompol Muhammad Harris kemarin (13/11). Lima orang tersebut datang dari beragam latar belakang. Sayang, Harris belum berkenan membuka detailnya. Yang jelas, ada teman nongkrong dan pengusaha.

’’(Setiap ditanya temannya, Red) pelaku beralasan macam-macam soal sumber uang itu,’’ lanjutnya. Terkadang Irwan bilang bahwa uang yang ditransfer tersebut berasal dari kekasihnya. Di lain waktu, misalnya kepada rekannya yang pengusaha, Irwan beralasan bahwa uang itu hasil investasin­ya selama ini.

Pemerasan lewat peminjaman rekening tersebut dilakukan Irwan mulai Mei hingga Oktober 2017. Dari bukti transfer, korban LM sudah menyerahka­n uang sebanyak 43 kali dengan nominal berbeda-beda. Totalnya mencapai Rp 180 juta.

Irwan, 28, dan LM, 39, mulai berkenalan akhir 2016. Komunikasi keduanya semakin intens lewat WhatsApp. Suatu saat penganggur asal Gelam, Candi, tersebut meminta korban untuk merekam dan mengirim video vulgarnya. Belakangan, semua video panas tersebut menjadi senjata Irwan untuk menguras uang LM. (jos/c7/pri)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia