Jawa Pos

Mutasi Sasar Pejabat Banyak Instansi

-

GRESIK – Para pejabat Pemkab Gresik harus benar-benar siap menerima kenyataan. Hari ini (13/11) gerbong mutasi benar-benar berjalan. Kabarnya, 200 pejabat berbagai eselon bakal terkena perpindaha­n. Termasuk puluhan kepala sekolah dan camat.

Kabar mutasi itu diperkuat dengan beredarnya undangan pelantikan ke pejabat yang bakal dipindah. Undangan tersebut ditandatan­gani Sekkab Djoko Sulistyo Hadi. Surat baru dikirim serentak sekitar pukul 16.00 kemarin.

Bupati Sambari Halim Radianto membenarka­n bahwa hari ini ada mutasi. Yang paling banyak adalah pengisian jabatan kosong. ”Selain itu, penempatan pejabat di pos-pos baru,” katanya.

Sebab, kata Sambari, masih cukup banyak pejabat yang belum mampu menjalanka­n tugas di tempatnya. ”Prinsipnya, kami mencari sosok yang mampu dan mau,” kata nya.

Informasin­ya, yang paling banyak kena mutasi adalah pejabat eselon III (setingkat kepala bidang/sekretaris dinas) dan eselon IV (setingkat kepala seksi). Termasuk beberapa pejabat eselon II. Para kepala sekolah juga dikocok ulang. Ada juga pengisian posisi lowong kepala SD.

Perombakan juga banyak terjadi pada instansi yang bersentuha­n dengan layanan publik. Misalnya, dinas penanaman modal PTSP. Ada juga dinas pol PP, dinas perhubunga­n, dan sejumlah camat.

Sebelumnya diberitaka­n, rencana reshuffle pejabat di pemkab periode ini penuh dinamika. Berkali-kali dijadwalka­n, ternyata berkali-kali pula ditunda. Bahkan, sempat diputuskan mutasi baru digelar awal 2018. Namun, akhirnya petinggi pemkab dan badan pertimbang­an jabatan dan kepangkata­n (baperjakat) memutuskan menggelar pelantikan itu hari ini. (ris/c10/roz)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia