Jawa Pos

Mengarang Berita Pencabulan Gurita

-

BELAKANGAN beberapa netizen luar negeri membagikan link berita tentang penjaga akuarium di Kebun Binatang San Diego yang terluka karena menyetubuh­i seekor gurita. Kabar itu ternyata rekaan sebuah situs yang kemudian dipercaya sebagai sebuah kebenaran.

Para pengguna Facebook mendapatka­n kabar aneh tersebut dari sejumlah situs. Antara lain greekyfeed.com, flashstory.net, dan jesusismys­evior.site. Kebanyakan tulisan di situs-situs itu sama persis, hasil copy paste.

Kabar bohong tersebut akhirnya dibongkar situs snopes. com. Asal usulnya dari situs worldnewsd­aily.com. Di bagian bawah situs itu, jelas ada pernyataan bahwa apa yang termuat di sana hanyalah cerita fiksi dan bersifat satire.

Menurut Snopes, salah satu bukti kepalsuan berita itu adalah fakta bahwa Kebun Binatang San Diego tak memiliki koleksi octopus atau gurita. Foto dalam hoax tersebut juga tidak menggambar­kan cerita yang sesungguhn­ya. Hanya tampak seorang pria yang sedang memegang gurita.

Pria itu ternyata seorang akuaris yang bernama Bret Grasse. Dia merupakan akuaris senior di Monterey Bay Aquarium, California. Mungkin foto Grasse itu di- capture dari sebuah video. Sebab, di YouTube memang ada beberapa video tentang Grasse yang sedang berinterak­si dengan gurita. Kasihan sekali si Grasse. Si penyayang gurita malah diisukan melakukan serangan seksual kepada binatang laut itu.

Hingga kemarin, sepertinya belum banyak netizen Indonesia yang latah membagikan link berita palsu tentang penjaga akuarium yang bercinta dengan gurita tersebut. Padahal, banyak hoax yang ada di luar negeri juga dengan cepat tersebar di timeline pengguna media sosial Indonesia. (gun/eko/c11/fat)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia