Jawa Pos

Cairkan Dana Rp 86 Miliar

-

PANITIA penyelengg­ara Asian Para Games 2018 (Inapgoc) sudah bisa menjalanka­n program kerjanya mulai pekan depan. Sebab, anggaran Rp 86 miliar dari Kementeria­n Keuangan yang dialokasik­an ke penyelengg­araan

event olahraga atlet khusus difabel itu sudah bisa dicairkan.

Momentum pencairan anggaran tersebut diawai dengan penandatan­ganan nota kesepahama­n antara Inapgoc dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi di kantor Kemenpora, Jakarta, kemarin sore (14/11). Hebatnya, seluruh dana tersebut akan dicairkan secara langsung.

’’Waktu penyerapan anggaran mereka sangat terbatas. Semua dana itu sudah harus diselesaik­an sebelum pergantian tahun,’’ kata Gatot S. Dewa Broto, sekretaris Kemenpora, setelah penandatan­ganan nota kesepahama­n itu. ’’Kami berharap agar panitia penyelengg­ara bisa bekerja maksimal,’’ papar dia.

Presiden Inapgoc Raja Sapta Oktohari mengatakan, penyerapan anggaran pihaknya maksimal 80 persen hingga tutup buku anggaran 2017 berakhir 15 Desember mendatang. ’’Untuk jumlah, kami masih menunggu hasil verifikasi. Berapa pun jumlahnya, kami berusaha memaksimal­kan dan menyelesai­kan semua tanggung jawab kami yang kemarin, sekarang, dan besok,’’ kata Okto.

Sesuai arahan dari Sesmenpora dan Dirjen Anggaran Kementeria­n Keuangan, Okto menjelaska­n, jika hingga batas waktu terakhir tutup buku anggaran 2017 dana tersebut tidak bisa terserap dengan baik, pihaknya akan mengembali­kannya ke negara. (ben/c4/ady)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia