Jawa Pos

Musim Nadal Selesai

Kalah Melawan Goffin, Cedera Lutut Kambuh

-

LONDON – Rafael Nadal mengakhiri perjalanan­nya di tahun 2017 dengan cara yang tidak enak. Petenis nomor satu dunia asal Spanyol tersebut kemarin dini hari takluk di tangan David Goffin pada pertanding­an pertama fase grup. Setelah pertanding­an, Nadal menambahi berita sedih dengan mengumumka­n pengundura­n diri dari turnamen puncak akhir tahun itu.

”Saya selesai. Musim ini telah berakhir untuk saya. Saya benar-benar tidak siap untuk bertanding lagi,” ucap Nadal dilansir BBC. Dalam pertanding­an grup Pete Sampras di The O2 Arena London tersebut, Nadal dikalahkan Goffin asal Belgia dengan skor 6-7(5), 7-6(4), 4-6.

Petenis 31 tahun tersebut menyatakan, dirinya bertanding dengan menahan rasa nyeri di lutut kanan. Sebelum datang ke London, Nadal menyatakan bahwa dirinya akan bertanding di ATP Finals dengan kondisi yang tidak terlalu baik.

”Saya benar-benar tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk terus bermain,” ucap Nadal. Sebelum berlaga di ATP Finals 2017, Nadal lebih dulu mengunci gelar satu dunia sampai akhir musim. Dia pun kini tinggal menyiapkan diri untuk berlaga pada musim 2018. Namun, tentu saja fokus utamanya sekarang adalah memulihkan cedera.

Kemarin, Nadal takluk pasca bertanding selama 2 jam 30 menit. Itu merupakan kali keenam sepanjang karir petenis kidal tersebut untuk memutuskan mundur dari ATP Finals. Total sepanjang karir, Nadal tercatat 13 kali menembus even yang hanya diperuntuk­kan bagi delapan petenis dengan terbaik dunia itu.

Dengan mundurnya Nadal, petenis Spanyol lain, yakni Pablo Carreno Busta, masuk ke grup Pete Sampras sebagai pengganti. ”Ini tetap pertanding­an yang sulit sampai akhir,” ucap Goffin. ”Nadal adalah salah satu petenis dengan mental terbaik di Tour. Sangat bahagia akhirnya saya bisa menemukan cara untuk menang,” imbuh petenis 26 tahun tersebut.

Kemenangan kemarin memang begitu spesial untuk Goffin. Kemenangan itu menjadi pertamanya atas Nadal dari tiga kali pertemuan. Dua pertemuan awal keduanya juga terjadi tahun ini, yakni di semifinal Monte Carlo Masters dan perempat final Madrid Masters.

Sementara itu, dari grup yang sama, petenis Bulgaria Grigor Dimitrov sukses meraihkeme­nanganpert­amapascame­numbangkan Dominic Thiem asal Austria. Petenis Bulgaria tersebut mengempask­an Thiem dalam tiga set 6-3, 5-7, 7-5. Meski menang, sebagai debutan, Dimitrov mengaku sangat saat menjalani pengalaman pertama bertanding di turnamen ATP Finals.

”Saya tidak mau berbohong. Jujur, saya benarbenar Saya hanya merasa beruntung bisa meraih kemenangan ini,” kata petenis 26 tahun yang merupakan mantan kekasih petenis cantik asal Rusia Maria Sharapova tersebut.

Hari ini pertanding­an berlanjut dari grup Boris Becker. Maestro Swiss Roger Federer bakal berhadapan dengan petenis Jerman yang sedang naik daun, Alexander Zverev. Keduanya sama-sama menang di pertanding­an pertama. Satu pertanding­an lain grup tersebut mempertemu­kan Marin Cilic (Kroasia) kontra Jack Sock (Amerika Serikat). (irr/c21/nur)

 ??  ?? ranking nervous. ranking victory nervous
ranking nervous. ranking victory nervous

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia