Jawa Pos

Tampil Bareng Addie M.S.

Mosaic Kolaborasi­kan Musik Klasik dan Modern

- (bri/c19/jan)

SURABAYA – Simfoni lagu Three

Fantastic Dances terdengar merdu di Ciputra Hall kemarin (14/11). Gerak tangan konduktor Addie M.S. luwes memandu String Orchestra of Surabaya (SOOS). Mereka sedang mempersiap­kan konser bertajuk Mosaic yang menjadi rangkaian perayaan ulang tahun ke4 Ciputra Hall. Konser akan digelar Jumat (17/11).

Tampil bersama musisi-musisi Surabaya membuat komposer kenamaan Indonesia itu semangat. Menurut konduktor 58 tahun tersebut, potensi musisi Kota Pahlawan terus berkembang. ’’Awal saya berkolabor­asi dengan SOOS itu tahun 2015,’’ ujar pendiri Twilite Orchestra itu.

Suasana latihan kemarin santai. Sesekali ada tawa dan canda dari mereka. Meski begitu, latihan tetap fokus. Ada sekitar 100 musisi yang bergabung dalam konser tersebut. Selain dari SOOS, ada Eliata Choir dan Paduan Suara Alouisia.

Sebagai konduktor tamu, ayah dua putra itu memiliki peran penting. Dia membantu mengaranse­men 13 lagu yang akan ditampilka­n dalam konser selama 90 menit tersebut. Addie mengarahka­n pemain musik dengan sabar.

’’Bagus kalian semua,’’ pujinya, lantas mengakhiri latihan sesi pertama.

Konser itu akan mengawinka­n musik klasik dan modern. Selain musik Barat, ada beberapa lagu nasional yang ditampilka­n. Di antaranya Tanah Airku, Rasa Sayange, dan Tanah Tumpah Darahku.

Addie mengamati betul perkembang­an musisi Surabaya. ’’Saya merasakan adanya kemajuan,’’ ungkapnya. Menurut Addie, Kota Surabaya bisa berkembang menjadi kota musik. Tentu, hal itu harus didukung pemerintah dan masyarakat.

Orkestra, lanjut dia, tergolong eksklusif. Mengapa demikian? Musik orkestra memiliki kelas penggemar tersendiri. Konser yang sering kali diselengga­rakan di ruang tertutup semakin menyempurn­akan pendapat tersebut.

Karena itu, Addie saat ini getol mengimprov­isasi penyelengg­araan musik orkestra. Selain di sekolahsek­olah, Addie berpendapa­t sesekali musik orkestra dibawakan di ruang terbuka, misalnya di jalanan. Hal tersebut dapat menarik perhatian masyarakat luas.

 ??  ?? BERSAMA SANG KOMPOSER: Musisi SOOS berlatih dengan Addie M.S. kemarin. Mereka akan tampil pada Jumat (17/11).
BERSAMA SANG KOMPOSER: Musisi SOOS berlatih dengan Addie M.S. kemarin. Mereka akan tampil pada Jumat (17/11).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia