Jawa Pos

Dapat Restu 4.444 Nyai

-

SITUBONDO- Langkah pasangan cagub-cawagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Abdullah Azwar Anas untuk maju di Pilgub Jawa Timur 2018 semakin mantap. Kemarin (19/11), duet Gus Ipul-Mas Anas mendapat restu dari 4.444 ibu nyai pengasuh pesantren, mubalighah, tokoh penggerak, serta aktivis perempuan Nahdlatul Ulama (NU) di kawasan Tapal Kuda Jatim untuk meraih kursi Jatim 1 dan 2

Ikrar dukungan dideklaras­ikan dalam acara Halaqoh 4.444 Bu Nyai dan Mubalighah di Pondok Pesantren Walisongo, Mimbaan, Kecamatan Panji, Situbondo, kemarin (19/11). Gus Ipul didampingi istri, Fatma Saifullah Yusuf, serta Mas Anas dan istri, Ipuk Fiestianda­ni Azwar Anas, menghadiri acara yang dimulai pukul 13.00 WIB itu.

Tampak pula Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar dan sang tuan rumah, KHR Muhammad Kholil As’ad. Pengasuh Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Nyai H Djuwairiya­h Fawaid, Pengasuh Pondok Pesantren Terpadu Alyasini Pasuruan KH Mujib Imron, dan Anggota Majelis Keluarga Ponpes Sidogiri Pasuruan KH Fuad Nur Hasan juga ikut hadir.

Di depan ribuan nyai yang datang dengan pakaian serbaputih, Nyai Hj Djuwairiya­h Fawaid mengungkap­kan bahwa bukan Gus Ipul yang meminta dukungan dari para kiai. ”Tapi, para kiai-lah yang minta sehingga semua santri dan warga NU wajib mendukung agar Gus Ipul bisa menjadi gubernur Jatim,” ujarnya. Menurutnya, pencalonan Gus Ipul ini telah menyatukan seluruh kekuatan NU.

KHR Muhammad Kholil As’ad berharap agar seluruh nyai dan warga NU kompak mendukung pemenangan Gus Ipul-Mas Anas. ”Semoga menang dan bermaslaha­t bagi umat,” tutur kiai karismatis tersebut.

Gus Ipul bersyukur bisa mendapat restu dari para nyai. ”Acara ini adalah inisiatif para nyai sendiri. Ini melipatgan­dakan semangat kita untuk berjuang bersama mengembang­kan daerah, mewujudkan Jatim yang lebih baik lagi,” ungkapnya.

Para ibu nyai disebut Gus Ipul punya peran besar, bukan hanya dalam pesantren, tapi juga dalam struktur sosial di masyarakat. ”Beliau-beliau ini salah satu kunci pembentuk peradaban, pembentuk SDM, dan bahkan punya potensi besar sebagai simpul penguatan ekonomi umat berbasis pesantren. Karena itu, hormat saya setinggi-tingginya kepada para ibu nyai yang selama ini telah berjasa besar di masyarakat,” imbuhnya.

Pembacaan ikrar didahului lantunan salawat nariyah dari 4.444 nyai untuk keselamata­n dan kesejahter­aan Jatim. Kemudian, sepuluh ibu nyai membacakan ikrar dukungan terhadap Gus Ipul-Mas Anas yang diikuti ribuan ibu nyai yang hadir.

Ribuan nyai tersebut menyatakan siap, baik dhofir maupun batin, untuk berdiri di garda terdepan dalam mengawal kemenangan Gus Ipul-Mas Anas di Pilgub Jatim 2018. Ikrar dukungan para ibu nyai ini merupakan yang ketiga. Bulan lalu, komitmen serupa dilontarka­n 4.444 nyai se-Madura di Ponpes KH Syaichona Cholil, Bangkalan, serta nyai se-Mataraman di Pesantren Al Amin, Ngasinan, Kediri. (zul/ran/ade)

 ?? ISTIMEWA ?? MANTAP: Dari kiri, Abdul Halim Iskandar, Saifullah Yusuf, dan Abdullah Azwar Anas saat menghadiri Halaqoh 4.444 Bu Nyai dan Mubalighah di Ponpes Walisongo, Situbondo, kemarin (19/11).
ISTIMEWA MANTAP: Dari kiri, Abdul Halim Iskandar, Saifullah Yusuf, dan Abdullah Azwar Anas saat menghadiri Halaqoh 4.444 Bu Nyai dan Mubalighah di Ponpes Walisongo, Situbondo, kemarin (19/11).
 ??  ?? LIPAT GANDAKAN SEMANGAT: Dukungan ribuan nyai semakin melecut semangat Gus Ipul dan Mas Anas untuk berjuang mewujudkan Jatim yang lebih baik lagi. ISTIMEWA
LIPAT GANDAKAN SEMANGAT: Dukungan ribuan nyai semakin melecut semangat Gus Ipul dan Mas Anas untuk berjuang mewujudkan Jatim yang lebih baik lagi. ISTIMEWA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia