Jawa Pos

Rossi sampai Dua Tahun Lagi

-

VALENCIA – Misteri masa depan Valentino Rossi di MotoGP sedikit terkuak. Mantan manajer Dani Pedrosa dan Loris Capirossi yang kini juga membawahka­n sejumlah rider di ajang grand prix, Carlo Pernat, mengungkap­kan bahwa Rossi sudah meneken prakontrak dengan Yamaha hingga 2019.

Jika pernyataan itu benar, berarti Rossi bakal mengakhiri karir di MotoGP pada usia 40 tahun. Menurut Pernat, Dorna juga berada di belakang kesepakata­n tersebut. Sebab, Rossi dianggap masih menjadi magnet kuat penarik penonton.

’’Kejutan sebenarnya akan datang pada musim semi tahun depan, saat silly season rider-rider MotoGP mulai menghangat. Secara resmi, Rossi memang masih terikat kontrak dengan Yamaha satu musim lagi (sampai akhir 2018). Tapi, jelas dia sudah menandatan­gani kontrak pendahulua­n (precontrac­t) dengan dukungan (Carmelo) Ezpeleta (bos Dorna, pemegang lisensi MotoGP),’’ ungkapnya. Yamaha juga menyatakan tak berkeberat­an dengan kesepakata­n tersebut.

Rossi sebelumnya memberikan pernyataan bahwa kepastian masa depan- nya di MotoGP ditentukan awal tahun depan. Lebih cepat daripada rencana sebelumnya, yakni setelah MotoGP Italia Juni 2018. ’’Setelah beberapa balapan, saya akan melihat bagaimana kecepatan dan level persaingan­ku. Setelah itu, saya akan putuskan,’’ ucapnya.

Jika Rossi berta han hingga 2019, Pernat memprediks­i terjadi pergerakan besarbesar­an pada line-up tim-tim utama.

Marquez, kabarnya, hengkang ke KTM pada 2019. Sebagai konsekuens­i besarnya, rekan setim Rossi di Yamaha, Maverick Vinales, menggantik­an Marquez di Honda.

Berbicara kepada La Reppublica, Pernat menjelaska­n bahwa Marquez bisa meraih satu gelar juara dunia lagi musim depan. Lima gelar juara dirasa cukup bagi Marquez untuk melihat peluang di tim pabrikan lainnya dan berusaha merebut gelar dengan motor lain.

’’Dia akan butuh motor yang lebih kencang. Ducati akan memiliki motor sempurna. Mereka juga sempat bernegosia­si dengan Marquez sebelum akhirnya memutuskan mengontrak Lorenzo. Tapi, saya rasa Audi (perusahaan induk Ducati) tidak akan mau mengulang apa yang sudah terjadi dengan Lorenzo,’’ tambahnya.

Yang dimaksud Pernat, setelah Ducati merogoh kocek dalam hingga EUR 12,5 juta (Rp 199,4 miliar) untuk mendatangk­an Lorenzo akhir musim lalu, hasilnya malah jauh dari ekspektasi. Justru Andrea Dovizioso yang tampil lebih tangguh daripada rider bernomor start #99 tersebut.

Namun, Marquez hanya akan melirik KTM jika motornya mengalami kemajuan besar musim depan. ’’(Dietrich) Mateschitz, pemilik Red Bull (sponsor utama KTM), siap mengeluark­an EUR 20 juta (Rp 319,1 miliar) per tahun untuk mendatangk­an Marquez,’’ tandas Pernat.

Sebagai pengganti Marquez, Honda diperkirak­an membajak Vinales dari Yamaha. Selama masih menjadi sponsor utama Honda MotoGP, Repsol akan selalu mengingink­an rider Spanyol di skuad Honda. (cak/c19/ady)

 ??  ?? BERHENTI DI 40 TAHUN: Valentino Rossi saat menjalani uji coba postseason dengan mengendara­i prototipe YZR-M1 edisi 2018 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Rabu (15/11). MOTOGP
BERHENTI DI 40 TAHUN: Valentino Rossi saat menjalani uji coba postseason dengan mengendara­i prototipe YZR-M1 edisi 2018 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Rabu (15/11). MOTOGP

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia